Round Up

Cerita Iran Akui Tembak Pesawat Ukraina & Warga yang Murka

News - Anisatul Umah & Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
13 January 2020 08:46
Jakarta, CNBC IndonesiaIran akhirnya mengakui kelalaiannya menyebabkan pesawat Ukraine International Airlines jatuh. Angkatan Bersenjata Iran mengatakan bahwa pesawat jet jenis Boeing 737-800 berpenumpang 176 orang itu celaka karena tak sengaja tertembak rudal pada 8 Januari 2020.

Dilansir dari kantor berita AFP Sabtu (11/1/2020), Iran menyebutkan hal tersebut karena human error. Selain itu, pesawat tersebut terbang di wilayah yang berdekatan dengan lokasi militer sensitif.


Padahal sebelumnya pihak Iran telah membantah tuduhan ini. Bahkan Iran mengatakan hal tersebut rumor yang dihembuskan AS.


"Internal investigasi Angkatan bersenjata telah menyimpulkan bahwa rudal yang disesalkan ditembakkan karena kesalahan manusia yang berdampak pada jatuhnya pesawat Ukraina & kematian 176 orang tak bersalah. Investigasi dilanjut untuk mengidentifikasi dan menuntut atas tragedi besar ini dan kesalahan tak termaafkan," cuit Presiden Iran Hassan Rouhani lewat akun Twitter-nya.

"Republik Islam Iran sangat menyesali kesalahan yang fatal ini. Pikiran dan doa saya ditujukan kepada semua keluarga yang berkabung (ditinggalkan). Saya mengucapkan belasungkawa yang tulus."



[Gambas:Video CNBC]







Ukraina Minta Tanggung Jawab
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading