Internasional

Bukan Cuma Boeing, Ini Deretan Pesawat Jatuh Ditembak Rudal

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
10 January 2020 15:11
Berikut sejumlah data kecelakaan pesawat karena serangan rudal
Jakarta, CNBC Indonesia - Pesawat Boeing 737-800 milik maskapai Ukraine International Airlines jatuh di dekat Bandara internasional Teheran, Iran, Selasa malam waktu setempat (7/1/2020).

Seluruh 176 penumpang di pesawat dengan nomor penerbangan Flight 752 itu dinyatakan tewas. Pesawat itu jatuh dua menit setelah lepas landas dari Teheran. Mayoritas penumpang adalah warga negara Iran dan Kanada.


Beberapa jam setelah kecelakaan terjadi, pihak Iran mengumumkan bahwa penyebab kecelakaan kemungkinan adalah kerusakan mesin.


Namun, berbagai pihak meragukan pernyataan Iran. Ini dikarenakan ada berbagai kejanggalan yang terjadi, di antaranya adalah bangkai pesawat yang jatuh berbentuk puing-puing seperti bekas ledakan.

Selain itu, waktu jatuhnya pesawat terjadi beberapa jam setelah serangan rudal Iran terhadap dua pangkalan militer AS di Irak dilakukan. Serangan rudal Iran merupakan serangan balasan pada AS yang melakukan serangan udara di Bandara Internasional Baghdad Jumat lalu. Dalam serangan itu, salah satu tokoh penting Iran, Jenderal Qassem Soleimani, tewas. Akibat serangan itu, Iran bersumpah untuk membalas AS.

Hal ini pun memunculkan spekulasi bahwa kecelakaan ada kaitannya dengan serangan rudal Iran. Kecurigaan ini sebelumnya telah ditegaskan oleh Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Ia bahkan telah dengan gamblang mengatakan pesawat jatuh akibat tertembak rudal Iran.


"Kami memiliki intel dari banyak sumber, termasuk koalisi dan milik kami sendiri. Bukti-bukti menunjukkan bahwa pesawat itu ditembak oleh misil Iran," katanya sebagaimana dikutip dari AFP, Jumat (10/1/2020).

"Ini mungkin tidak disengaja." kata Trudeau. Sekitar 63 warga Kanada menjadi korban pesawat jatuh itu.

Selain Trudeau, Presiden AS Donald Trump juga mengatakan ia tidak yakin dengan pernyataan Iran.

"Aku punya kecurigaan," kata Trump sebagaimana dikutip dari AFP, Jumat. "Pesawat itu terbang di lingkungan yang cukup keras dan seseorang bisa membuat kesalahan."

"Beberapa orang mengatakan hal itu karena mekanik. Saya pribadi tidak berpikir begitu, itu sebuah pertanyaan," kata Trump lagi. "Sesuatu yang mengerikan telah terjadi."

Saat ini penyelidikan pada penyebab kecelakaan pesawat sebenarnya masih dilakukan. Berbagai pihak dari luar Iran, seperti Kanada dan AS telah menawarkan bantuan untuk mendalami penyelidikan.

Jika benar jatuh karena tertembak rudal, maka tragedi ini akan memperpanjang catatan sejarah pesawat yang jatuh akibat serangan rudal. Berikut adalah data pesawat yang jatuh akibat tertembak rudal selama empat dekade terakhir, mengutip AFP:

[Gambas:Video CNBC]





Dari Libyan Airlines ke Malaysia Airlines MH17
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading