UKM di Toko Online Wajib Berizin, Mendag Janji Izinnya Mudah

News - Efrem Siregar, CNBC Indonesia
09 December 2019 14:26
Pemerintah janji akan mempermudah perizinan UKM yang berdagang online.
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto menegaskan bahwa Peraturan Pemerintah (PP) 80/2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE) yang baru saja dirilis bertujuan untuk melindungi konsumen dan pelaku usaha di perdagangan online.

Ia mengatakan, peraturan teknis akan dijabarkan lewat peraturan menteri perdagangan (Permendag) yang ditargetkan segera terbit. Salah satunya berkaitan dengan lalu lintas transaksi.

Namun Agus tidak menjelaskan detil mengenai aturan teknis Permendag. Menurutnya, pembahasan sedang berlangsung. Kemendag juga menggandeng asosiasi pengusaha untuk mengakomodir masukan dunia usaha.




"[Permendag] dalam progres. Kita bahas hal-hal dan masukan apa saja. Intinya tetap melindungi konsumen dan pelaku usaha," kata Agus usai meluncurkan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2019 di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (9/12/2019).

Terkait dengan kewajiban memiliki izin usaha, Agus menekankan, hal itu juga berlaku untuk UMKM dan pelaku usaha di dalam atau luar negeri. Aturan pelapak di toko online wajib memiliki izin usaha tertulis pada pasal 1 ayat 6 PP 80/2019 tentang PMSE.

"Pelaku Usaha Perdagangan Melalui Sistem Elektronik yang selanjutnya disebut Pelaku Usaha adalah setiap orang perseorangan atau badan usaha yang berbentuk badan hukum atau bukan badan hukum yang dapat berupa Pelaku Usaha Dalam Negeri dan Pelaku Usaha Luar Negeri dan melakukan kegiatan usaha di bidang PMSE."

Agus mengatakan proses perizinan akan dimudahkan karena bagaimanapun sektor UMKM menjadi ujung tombak perdagangan ekspor.

"[Pendaftaran] online itu tidak ada pungutan [...] dan dipercepat sesuai arahan Presiden Jokowi, izin usaha harus dipermudah terutama dalam kaitannya dengan ekspor," kata Agus.

Ketika disinggung mengenai pengumpulan data, Agus menyebut hal itu dibuat untuk mengidentifikasi kevalidan penjual sebagai bentuk perlindungan konsumen. Jika ada oknum menghambat proses perizinan, ia meminta masyarakat menyampaikannya ke Kemendag untuk ditindaklanjuti.

"Apabila ada kesulitan karena oknum, tolong dilaporkan," katanya.
(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading