Tol Desari, Proyek Prioritas Jokowi yang 2 Kali Ambruk

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
09 October 2019 16:12
Tol Desari, Proyek Prioritas Jokowi yang 2 Kali Ambruk
Jakarta, CNBC Indonesia - Proyek Tol Depok-Antasari (Desari) kembali mengalami kecelakaan konstruksi. Insiden itu terjadi pada Selasa (8/10/2019).

Proyek tersebut masuk dalam salah satu program strategis nasional (PSN) era Jokowi. Dikutip dari laman resmi Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), proyek tersebut bernilai investasi Rp 2,99 triliun.

Tol ini dibangun sepanjang 21,54 km dan menjadi salah satu alternatif jalur masuk menuju kota Jakarta dari kawasan selatan Jakarta. Tol Desari sendiri merupakan milik PT Citra Waspphutowa yang merupakan anak perusahaan PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP), operator tol Tol Cawang-Tanjung Priok.


Mengutip detikcom, kecelakaan kali ini terjadi di terowongan wilayah Krukut, Limo, Depok. Peristiwa itu terjadi pada Selasa (8/10/2019), saat tengah dilakukan pengecoran terowongan Jalan Tol Desari.



Kecelakaan terjadi karena perancah atau struktur sementara tak mampu menahan beban beton yang sedang dicor. Akibatnya, coran tumpah hingga ambruk dan mengenai pekerja.

Sebelumnya, pada 2018 lalu kecelakaan kerja juga pernah terjadi pada Seksi 1 Tol Desari, tepatnya di kawasan Simpang Susun Antasari, Cilandak, Jakarta Selatan. Pada hari Selasa pagi 2 Januari 2018, enam girder roboh akibat tersenggol ekskavator yang sedang menggali tanah.



Girder terguling akibat benturan alat berat yang beroperasi di dekat jembatan tersebut. Meskipun tidak ada korban jiwa ataupun luka akibat kejadian saat itu, namun ada kerugian yang harus ditanggung lantaran enam buah girder harus diganti ulang. Kala itu, kerugiannya ditaksir mencapai Rp 2 miliar. (hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading