Aturan di RI Ribet Bukan Main Bisa Bikin Pening

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
27 September 2019 09:12
Pemerintah mengakui ada kerumitan dalam tata aturan di Indonesia, termasuk sampai masalah perizinan.
Bila suatu negara memiliki stabilitas politik yang baik, maka negara tersebut dapat dikategorikan sebagai negara yang aman untuk berinvestasi. Stabilitas politik memang jadi faktor paling fundamental dalam berinvestasi. Ya buat apa kita investasi kalau risikonya terlalu tinggi.

Selain masalah stabilitas dan keamanan aspek legal dan regulasi atau aturan serta ukuran pasar juga hal yang benar-benar investor pertimbangkan. Kedua hal tersebut tidak bisa dipisahkan dari filosofi bisnis yaitu efisiensi. Ketika regulasinya jelas, birokrasi perizinan tidak berbelit-belit dan ukuran pasarnya besar, tentu akan meningkatkan profitabilitas bisnis sehingga bagi hasil ke investor jadi lebih maksimal.




Ternyata lagi-lagi kalau faktor fundamentalnya tidak terpenuhi atau terganggu, konsekuensinya investor akan kabur. Masalah seperti kondisi makroekonomi yang tidak stabil serta ketidakpastian hukum dan politik jadi penyumbang terbesar mengapa investor cabut selain adanya perubahan strategi perusahaan. Faktor lain yang juga bikin gerah investor asing yaitu peningkatan biaya material dan tenaga kerja serta pencabutan insentif fiskal. (hoi/hoi)
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading