Awas! Truk Kelebihan Panjang dan Muatan akan Dipotong

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
29 July 2019 18:29
Awas! Truk Kelebihan Panjang dan Muatan akan Dipotong
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menindak truk yang kedapatan Over Dimensi Over Loading (ODOL) di Semarang, Jawa Tengah. Sanksi yang dikenakan adalah pemotongan panjang kendaraan.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, memimpin langsung tindakan pemotongan terhadap truk tersebut.


"Baru saja saya melakukan pemotongan kendaraan truk angkutan sepeda motor yang over dimensi," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi di Kompleks Pergudangan Madukoro, Semarang (27/7/2019), dikutip dari keterangan tertulis.



Secara fisik, kendaraan ini kelebihan panjang sampai dengan 2 meter. Artinya, dimensi kendaraan tidak sesuai ketentuan, bahwa panjang bak truk diatur 12 meter.

Budi menyebut, truk ini milik perusahaan yang bermitra dengan PT Astra Honda Motor (AHM). Motor yang diangkut juga merupakan produk-produk motor AHM. Usai melakukan tindakan, dia mengaku sudah ada saling pemahaman dengan para stakeholder terkait.

"Artinya dimensi kendaraan pengangkut sepeda motor harus sesuai dengan regulasi yang ada, baik panjang, lebar, dan tingginya," tegasnya.

Ia mengapresiasi PT AHM beserta mitra yang melayani pengiriman motor. Selanjutnya, Kemenhub tidak lagi melakukan tindakan jika angkutan pengangkut sudah sesuai spesifikasi.

"Semua perusahaan angkutan yang menjadi mitra PT AHM pasti akan memotong atau menormalisasi dimensi panjang kendaraannya karena mereka telah melakukan penyesuaian terkait tarif angkutan," imbuhnya.




Semula, dengan kendaraan yang dibuat over dimensi mereka dapat mengangkut 70 unit sepeda motor. Namun, dengan penyesuaian, maksimal hanya dapat mengangkut 44 unit sepeda motor.

"Saya mengimbau kepada pemilik usaha angkutan sepeda motor yang lain untuk juga segera menormalisasi dimensi kendaraannya," seru Budi. (hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading