Ini Kronologi Lengkap Tumpahan Minyak Pertamina di Karawang

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
25 July 2019 18:46
Ini Kronologi Lengkap Tumpahan Minyak Pertamina di Karawang
Jakarta, CNBC Indonesia - Kabar soal tumpahan minyak dari blok migas di lepas pantai utara Jawa mulai menghangat dibahas sejak akhir pekan lalu. Baru diketahui bahwa insiden kecelakaan di sumur migas yang sebabkan tumpahan minyak sudah terjadi sejak 2 pekan lalu.

Tepatnya adalah sejak 12 Juli 2019, seperti diungkap oleh Direktur Hulu PT Pertamina (Persero) Dharmawan Samsu. "Kronologi pada 12 Juli pada pukul 1.30 dini hari pada saat melakukan re-entry dari drilling activity di sumur YYA 1 lalu muncul gelembung gas," ujarnya saat menggelar konferensi pers di kantornya, Kamis (25/7/2019).




Kejadian itu mengakibatkan wilayah operasi berhenti, dan pada 14 Juli 2019 mulai dilakukan evakuasi pegawai.

Pada 15 Juli 2019, Pertamina menyampaikan keadaan darurat kepada SKK Migas dan Kementerian ESDM.

Kemudian, pada 16 Juli 2019, ada oil sheen atau lapisan minyak di permukaan laut, dan pada 17 Juli 2019 oil spill atau tumpahan minyak mulai terlihat di sekitar anjungan.

"Dan pada 18 Juli 2019, tumpahan minyak mencapai pantai ke arah barat, 2 km pantai," tutur Dharmawan.

Sebagai tambahan, lanjutnya, pada 15 Juli 2019, setelah dinyatakan keadaan darurat, pihaknya langsung berinteraksi dengan lembaga-lembaga terkait di pemerintah, seperti SKK Migas, Kementerian ESDM, Kementerian BUMN, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), TNI dan Polri, Kemenko Bidang Kemaritiman, Basarnas, Walhi, dan KKKS lain yang telah membantu.

[Gambas:Video CNBC] (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading