Visi Pembangunan Jokowi

Soal Kualitas SDM, Jokowi Fokus Tingkatkan Mutu Vokasi

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
14 July 2019 22:49
Soal Kualitas SDM, Jokowi Fokus Tingkatkan Mutu Vokasi Foto: foto/ visi jokowi - ma'ruf amin RI 2019 (foto: Ist Youtube)
Jakarta, CNBC Indonesia - Sekolah kejuruan atau vokasi menjadi sorotan Presiden Joko Widodo saat menyampaikan Pidato Visi Pembangunan Indonesia 2019-2024 di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Jokowi menyampaikan pentingnya sekolah vokasional untuk mencetak sumber daya manusia yang trampil dan siap kerja.

"Kualitas pendidikannya juga akan terus kita tingkatkan. Bisa dipastikan pentingnya vocational training, pentingnya vocational school," kata Jokowi, Minggu (14/07/2019).

Bersama Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin, Jokowi mengatakan, hingga 2024 mendatang Pemerintah Indonesia akan membangun lembaga Manajemen Talenta Indonesia. "Pemerintah akan mengidentifikasi, memfasilitasi, serta memberikan dukungan pendidikan dan pengembangan diri bagi talenta-talenta Indonesia," kata Jokowi.

Pembangunan sumber daya manusia di periode ke-2 Jokowi bertujuan agar Indonesia semakin kuat dalam persaingan global. "Diaspora yang bertalenta tinggi harus kita berikan dukungan agar memberikan kontribusi besar bagi percepatan pembangunan Indonesia".


Jokowi mengungkap tengah mempersiapkan lembaga khusus yang mengurus manajemen talenta. Meski tidak merinci secara khusus jenis talenta yang dimaksud, namun Jokowi di periode pertama sangat memperhatikan sektor kreatif di segala sisi.

"Kita akan mengelola talenta-talenta hebat yang bisa membawa negara ini bersaing secara global".

Jokowi hari ini menyampaikan pidato visi pembangunan Indonesia. Ada 5 hal utama yang menjadi sorotan Pemerintah Indonesia dalam 5 tahun ke depan.

Pertama pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan. Kedua, pembangunan sumber daya manusia sejak dalam masa kehamilan. Ketiga, Pemerintah Indonesia akan mengundang investasi seluas-luasnya.

Keempat, melanjutkan Reformasi birokrasi. Dalam poin keempat ini Jokowi tekankan pentingnya sosok menteri yang berani. Kelima Jokowi soroti soal penggunaan APBN yang fokus dan tepat sasaran. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading