Visi Pembangunan Jokowi

Perhatian! Lembaga yang Tak Bermanfaat akan Dibubarkan

Market - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
14 July 2019 22:27
Perhatian! Lembaga yang Tak Bermanfaat akan Dibubarkan Foto: foto/ visi jokowi - ma'ruf amin RI 2019 (foto: Ist Youtube)
Jakarta, CNBC Indonesia - Pada periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo akan membubarkan lembaga negara yang tidak bermanfaat dan bermasalah. Sayangnya Jokowi tidak menyebutkan lembaga-lembaga negara mana saja yang ia maksud.

Pembubaran lembaga negara yang tidak bermanfaat atau yang bermasalah itu menjadi salah satu visi pembangunan Jokowi selama memimpin Indonesia 2019-2024. "Kalau ada lembaga yang tidak bermanfaat dan bermasalah, akan saya bubarkan!".

Jokowi juga menuntut para birokrat untuk mengubah pola pikir. Ia menekankan akan turun ke lapangan untuk memastikan reformasi birokrasi betul-betul melahirkan budaya melayani secara cepat dan sederhana.

"Kecepatan melayani, kecepatan memberikan izin, menjadi kunci bagi reformasi birokrasi. Akan saya cek sendiri! Akan saya kontrol sendiri! Begitu saya lihat tidak efisien atau tidak efektif, saya pastikan akan saya pangkas, copot pejabatnya".


Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2019-2024, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin telah menyampaikan pidato visi pembangunan Indonesia. Ada 5 hal utama yang menjadi sorotan Pemerintah Indonesia dalam 5 tahun ke depan.

Sebelumnya, Jokowi menegaskan akan mencopot pejabat yang melakukan pungutan liar (pungli) yang menghambat investasi.

Jokowi menegaskan akan memangkas semua proses yang menghambat proses perizinan. "Oleh sebab itu yg menghambat investasi semuanya harus dipangkas baik itu perizinan yang lambat, yang berbelit, apalagi yang ada pungli nya, hati hati," kata kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, akan memastikan mengejar semua pembenahan dalam proses perizinan. "Saya kejar, akan saya kejar, akan saya kontrol, akan saya cek, dan akan saya hajar kalau diperlukan," kata Jokowi. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading