Rugikan Negara Rp 4,58 T, Berapa Kekayaan Sjamsul Nursalim?

News - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
10 June 2019 18:12
Apakah Sjamsul memiliki uang sebanyak kerugian keuangan negara itu?
Jakarta, CNBC Indonesia, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Sjamsul Nursalim dan istri Itjih Nursalim dalam kasus dugaan korupsi surat keterangan lunas Bantuan Likuditas Bank Indonesia (BLBI).

Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif mengatakan Sjamsul sebagai pengendali dari Bank Dagang Negara Indonesia diduga merugikan keuangan negara senilai Rp 4,58 triliun dalam kasus dugaan korupsi ini.


Namun, apakah Sjamsul memiliki uang sebanyak kerugian keuangan negara itu?


Berdasarkan data dari Forbes, Sjamsul Nursalim tercatat menjadi orang terkaya di Indonesia nomor 36. Dia memiliki kekayaan bersih mencapai US$ 810 juta atau setara dengan Rp 12 trillion (asumsi kurs Rp 14.300/US$).

Berdasarkan Forbes, Nursalim menghasilkan kekayaannya dari sektor properti, batubara dan ritel. Dia memiliki saham di pengecer terdaftar PT Mitra Adiperkasa Tbk, yang mengoperasikan Zara, Topshop, Steve Madden dan toko lainnya di Indonesia.


Perusahaan ban miliknya Gajah Tunggal membuat 30% dari ban di pasar Afrika, Asia Tenggara dan Timur Tengah.

Dia berinvestasi pada real estat dengan saham di Tuan Sing Holdings yang terdaftar di Singapura, yang mengembangkan dan memiliki berbagai properti.

Artikel Selanjutnya

Kasus BLBI, Sjamsul Nursalim & Istri Resmi Jadi Tersangka KPK


(dob/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading