Perjanjian Dagang AS-Jepang Diumumkan Agustus?

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
28 May 2019 11:09
Pemerintahan Trump saat ini sedang mencoba untuk menegosiasikan kembali perjanjian dagang dengan beberapa negara ekonomi utama, termasuk Jepang.
Jakarta, CNBC Indonesia - KomentarĀ Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang menyatakan mungkin akan ada pengumuman terkait perdagangan pada bulan Agustus nampaknya mencerminkan harapannya agar kemajuan dalam negosiasi dagang segera tercapai.

Demikian disampaikan Menteri Ekonomi Jepang Toshimitsu Motegi, Selasa (28/5/2019).

Mengutip Reuters, pemerintahan Trump saat ini sedang mencoba untuk menegosiasikan kembali perjanjian dagang dengan beberapa negara ekonomi utama, termasuk Jepang, untuk menurunkan defisit perdagangan AS dan menghentikan praktik perdagangan yang dianggapnya tidak adil.


Sebelumnya, Senin, setelah bertemu dengan Perdana Menteri Shinzo Abe, Trump mengatakan kepada wartawan bahwa ia mengharapkan kedua negara untuk "mengumumkan beberapa hal, mungkin pada bulan Agustus, yang akan sangat baik bagi kedua negara" mengenai perdagangan.


"Ketika Anda mencermati kata-kata dari komentarnya, Anda dapat melihat bahwa presiden menyuarakan harapannya untuk mempercepat kemajuan dalam pembicaraan menuju sesuatu yang saling menguntungkan," kata Motegi kepada wartawan dalam pertemuan kabinet regular, menanggapi komentar Trump.

Namun, para pejabat Jepang membantah bahwa kedua negara telah sepakat untuk mencapai kesepakatan dagang pada Agustus.

Motegi, yang bertanggung jawab atasĀ pembicaraan perdagangan, mengatakan pertemuannya di Tokyo pekan lalu dengan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer menjelaskan bahwa ada perbedaan pandangan yang perlu diluruskan dalam negosiasi di masa depan.

Perjanjian Dagang AS-Jepang Diumumkan Agustus?Foto: Presiden Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (REUTERS/Jonathan Ernst)

"Kami sepakat bahwa kami akan berusaha untuk mempersempit kesenjangan, termasuk melalui kemungkinan mengadakan pembicaraan tingkat kerja," kata Motegi. Ia menambahkan bahwa belum ada jadwal yang ditetapkan untuk mengadakan pembicaraan selanjutnya.

Selain dengan Jepang, saat ini AS juga tengah terlibat perang dagang dengan China dan Uni Eropa.

Saksikan video mengenai pertemuan Trump dan Abe berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading