Usai Sumo & Main Golf, Trump & Abe Bahas Perjanjian Dagang

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
27 May 2019 07:30
Setelah masa akhir pekan yang diisi dengan berbagai agenda bermain golf dan menonton sumo, Donald Trump dan Shinzo Abe akan memulai pembicaraan formal, Senin.
Tokyo, CNBC Indonesia - Setelah masa akhir pekan yang diisi dengan berbagai agenda bermain golf dan menonton sumo, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akan memulai pembicaraan formal, Senin (27/5/2019).

Beberapa topik yang akan dibahas, di antaranya perdagangan dan ketegangan dengan Korea Utara, dilansir dari AFP.

Kedua pemimpin itu bermain golf di dekat Tokyo sebelum Trump menyerahkan Piala Presiden raksasa kepada pegulat sumo yang memenangkan turnamen musim panas akhir pekan ini. Namun, Senin akan menjadi awal bagi sesi pertemuan formal sebagai bagian dari kunjungan empat hari Trump ke Jepang.


Trump menjadi pemimpin negara pertama yang berkunjung ke Negeri Sakura setelah kaisar baru Naruhito naik takhta menggantikan ayahnya tiga pekan lalu.


Trump mengunjungi Naruhito Senin pagi sebelum berbicara selama satu jam dengan Abe. Acara puncak adalah jamuan kenegaraan dengan sang kaisar.

Sang presiden telah menetapkan dua isu utama dalam pembicaraan itu, yaitu perdagangan dan ancaman dari Korea Utara yang meningkat setelah gagalnya pertemuan di Hanoi antara Trump dan Kim Jong Un pada Februari lalu.

Sekitar satu jam setelah tiba di Tokyo, Trump langsung berbicara mengenai ketidakseimbangan perdagangan antara kedua negara dan berjanji hubungan itu akan menjadi sedikit lebih adil setelah tercapainya kesepakatan.

Usai Sumo & Main Golf, Trump & Abe Bahas Perjanjian DagangFoto: Presiden AS Donald Trump menyerahkan Piala Presiden kepada juara sumo di Tokyo, Jepang, Minggu (26/5/2019). (Foto: REUTERS/Jonathan Ernst)

Namun, segera setelah ia selesai bermain golf, Trump mengatakan banyak bagian dari kesepakatan itu akan menunggu hingga Abe menghadapi pemilihan umum majelis tinggi di Juli.

Para negosiator perdagangan Jepang dan Amerika telah bertemu selama dua jam, Sabtu malam, namun gagal membuat terobosan berarti. Pihak Jepang hanya mengatakan ada lebih banyak pamahaman yang terjadi antara kedua belah pihak setelah pertemuan itu.
(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading