Terungkap! PM Jepang Nominasikan Trump Raih Nobel Perdamaian

News - Rehia Indrayanti Beru Sebayang, CNBC Indonesia
18 February 2019 - 11:04
Terungkap! PM Jepang Nominasikan Trump Raih Nobel Perdamaian
Jakarta, CNBC Indonesia - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menominasikan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk menerima gelar Hadiah Nobel Perdamaian (Nobel Peace Prize) musim gugur lalu.

Hal itu dilakukan setelah Abe menerima permintaan dari pemerintah AS untuk melakukannya. Demikian dilaporkan oleh surat kabar Asahi pada Minggu (17/2/2019).

Laporan tersebut dibuat setelah Trump pada hari Jumat (15/2/2019) mengaku bahwa Abe telah mencalonkannya untuk memperoleh Hadiah Nobel Perdamaian karena berhasil mengadakan pembicaraan dan mengurangi ketegangan dengan Korea Utara.

Terungkap! PM Jepang Nominasikan Trump Raih Nobel PerdamaianFoto: Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (Korean Central News Agency (KCNA) in Pyongyang January 8, 2019. KCNA via REUTERS)


Pemimpin Jepang itu telah memberinya lima halaman "salinan paling indah" dari surat nominasi, kata Trump pada konferensi pers Gedung Putih, mengutip CNBC International.

Pemerintah AS telah meminta Abe untuk menominasikan Trump meraih hadiah Nobel Perdamaian setelah membidani pertemuan antara Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada Juni tahun lalu.


Pertemuan itu merupakan yang pertama antara seorang pemimpin Korea Utara dan seorang presiden AS yang menjabat, kata surat kabar Asahi, mengutip seorang sumber pemerintah Jepang.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Jepang di Tokyo mengatakan kementerian akan berhati-hati untuk memberikan komentar terkait Trump. Tetapi "tidak akan mengomentari interaksi antara kedua pemimpin."

Gedung Putih tidak memberikan komentar ketika dihubungi oleh Reuters.



Situs web Yayasan Nobel mengatakan bahwa nominasi untuk hadiah Nobel Perdamaian dapat diajukan oleh siapa saja yang memenuhi kriteria nominasi, yang mencakup para kepala negara saat ini.

Di bawah aturan yayasan, nama dan informasi lain tentang nominasi yang gagal memperoleh penghargaan tidak dapat diungkapkan selama 50 tahun ke depan.

Simak video terkait pertemuan dua pemimpin Korea di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC] (miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading