Bertemu Abe, Trump Terus Tekan Jepang Turunkan Selisih Dagang

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
27 May 2019 13:34
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terus menekan Jepang untuk memangkas surplus perdagangannya dengan Negeri Paman Sam.
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terus menekan Jepang untuk memangkas surplus perdagangannya dengan Negeri Paman Sam.

Sebelum pertemuan puncak dengan Perdana Menteri Shinzo Abe, Trump mengatakan ia berharap paling tidak pada bulan Agustus selisih dalam perdagangan mereka bisa diselesaikan.

Trump menambahkan bahwa ia mengharapkan "hal-hal baik" muncul dari upayanya untuk membuat Korea Utara melakukan denuklirisasi. Namun, ia juga mengatakan bahwa ia "bisa salah".


Pembicaraan pada Senin (27/5/2019) dengan Abe itu adalah bagian dari kunjungan kenegaraan selama empat harinya. Kunjungan itu dimaksudkan untuk menunjukkan eratnya hubungan kedua negara meski pada kenyataannya pertalian mereka dibayangi oleh perang dagang.


"Dari segi perdagangan, saya pikir kami akan mengumumkan beberapa hal, mungkin pada bulan Agustus itu akan sangat baik untuk kedua negara," kata Trump, mengutip Reuters. "Saya pikir, kita akan membuat keseimbangan perdagangan, diluruskan dengan cepat."

Abe, yang telah mengembangkan hubungan pribadi yang dekat dengan Trump sejak pemimpin AS itu datang ke kantornya, menekankan kedekatan hubungan.

"Saya bertekad untuk menunjukkan ikatan yang sangat kuat di dalam dan luar negeri," katanya tentang hubungan kedua negara di era Reiwa baru Jepang, yang dimulai pada 1 Mei, ketika Kaisar Naruhito mewarisi takhta.

Sebelumnya, Trump disambut oleh Naruhito dan istrinya di istana kekaisaran di Tokyo dalam upacara penyambutan resmi yang disiarkan langsung di televisi nasional.

Dia menjadi pejabat asing pertama yang diterima oleh raja sejak mewarisi takhta setelah ayahnya, Akihito, mengundurkan diri. Itu merupakan pengunduran diri pertama seorang kaisar Jepang dalam dua abad terakhir.

Bertemu Abe, Trump Terus Tekan Jepang Turunkan Selisih DagangFoto: Presiden Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (REUTERS/Kiyoshi Ota)

Trump juga mengatakan senang diberi kehormatan untuk menjadi pejabat asing pertama menggelar resepsi dengan kaisar.

Namun, meski terlihat akrab, kedua negara nyatanya berselisih dalam berbagai hal selain perdagangan, yang di antaranya adalah masalah Korea Utara.

Trump juga telah mengancam akan menerapkan bea masuk tinggi pada perusahaan pembuat mobil Jepang karena menganggap negara itu memperlakukan AS dengan buruk, tuduhan yang juga Trump ajukan pada China.

Trump bahkan mengatakan tidak mengharapkan kedua negara akan mencapai kemajuan besar dalam perdagangan dalam waktu dekat.

Saksikan video pertemuan Trump dan Abe berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading