Damai, AS Cabut Tarif Impor Baja-Aluminium Kanada & Meksiko

News - Roy Franedya, CNBC Indonesia
18 May 2019 08:37
Damai, AS Cabut Tarif Impor Baja-Aluminium Kanada & Meksiko
Jakarta, CNBC Indonesia - Amerika Serikat (AS) mencapai kesepakatan untuk mecopot tarif baja dan aluminium ke Kanada dan Meksiko, menghilangkan salah satu hambatan utama untuk meneruskan pembaruan pada Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA).

Dalam pernyataan bersama Jumat (17/5/2019), pemerintah Kanada dan Amerika mengatakan AS akan membatalkan bea logam dalam waktu dua hari. Kanada akan menghapus tarif yang dikenakan pada barang-barang Amerika.

Dalam pernyataan terpisah, pemerintah Meksiko juga mengatakan akan menghapus tarif balasan yang dikenakannya ke AS. Meksiko juga mengatakan akan membuat langkah-langkah yang menghentikan praktik perdagangan yang tidak adil di pasar aluminium dan baja dan memantau perdagangan logam di Amerika Utara.


Trump dalam sambutan dalam acara National Association of Realtors, mengatakan, "Saya senang mengumumkan kami baru saja mencapai kesepakatan dengan Kanada dan Meksiko untuk menjual produk tanpa mengenakan tarif besar," seperti dikutip dari CNBC International, Sabtu (18/5/2019).


Pemerintah Kanada dan Meksiko, bersama dengan anggota parlemen AS, telah mendorong pemerintahan Trump untuk menghapus tarif sebelum Perjanjian Kanada Meksiko Amerika Serikat diteken. Trump mengunakan ketentuan ancaman keamanan nasional ketika ia menaikkan tarif baja dan aluminium masing-masing 25% dan 10% pada tahun lalu.

Ratifikasi kesepakatan perdagangan AS-Meksiko-Kanada (USMCA) ini akan menjadi senjata utama Trump menghadapi kongres. Namun, Kesepakatan itu masih menghadapi tantangan: Partai Demokrat telah mengarahkan perhatiannya pada aturan lingkungan dan tenaga kerja di USMCA, serta bagaimana hal itu dapat mempengaruhi harga obat di AS.

Pada hari Rabu lalu, Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer bertemu dengan Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland. Para negosiator diharapkan membahas proses penghapusan tarif.

Sebelum laporan kesepakatan untuk menghapus tarif baja dan aluminium ini, pemerintahan Trump mengatakan akan menunda tarif impor mobil dan suku cadang mobil dari Eropa, Jepang dan negara-negara lain.
 
Simak video tentang perang dagang di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading