Ada 4 Calon Ibu Kota Baru Indonesia, Semua di Luar Jawa!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
06 May 2019 12:18
Saat ini ada empat sampai lima provinsi yang menjadi kandidat kuat calon ibu kota baru. Semuanya berlokasi di luar Jawa.
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) serius denganĀ rencana pemindahan ibu kota dari DKI Jakarta. Ibu kota baru, telah diputuskan akan berada di luar pulau Jawa.

Meskipun Palangka Raya, Kalimantan Tengah disebut-sebut menjadi kandidat terkuat calon ibu kota baru, namun hingga saat ini pemerintah belum menentukan lokasi ibu kota yang akan menggantikan Jakarta.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, mengaku saat ini ada empat sampai lima provinsi yang menjadi kandidat kuat calon ibu kota baru.


"Kandidat sebenarnya masih di luar Jawa. Tapi memang posisinya yang lebih di tengah. Kandidatnya antara 4-5 provinsi," kata Bambang di Kantor Staf Kepresidenan, kompleks Istana Kepresidenan, Senin (6/5/2019).



Namun Bambang masih enggan merinci lebih jauh daerah mana saja yang dimaksud. Saat ini daerah-daerah tersebut masih dikaji pemerintah, apakah benar-benar layak menjadi ibu kota baru.

"Kita harus lihat soal ketersediaan tanah, apakah betul secara hukum memang tanah itu tersedia sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya pembebasan lahan," kata Bambang.

"Nanti secara berkala kami akan menyampaikan progres kajian yang lebih detil. Karena kalau sudah mencakup penentuan lokasi dan penyiapan RUU, dibutuhkan kajian mendalam," tegasnya.

Meskipun lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan ibu kota baru cukup besar, namun mantan Menteri Keuangan itu menjamin rencana ini tidak akan menyebabkan gangguan pada lingkungan sekitar.

"Ya inginnya kita tidak mengganggu lingkungan. Kita cari lokasi baru, tidak jauh dari kota yg sudah ada, dan tentunya kita tetap menjaga. Kan inginnya green city, ramah lingkungan," tegasnya.
(wed/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading