JK Kritik Bandara Kertajati nan Sepi & Opsi 'Penyelamatannya'

News - Rahajeng Kusumo, CNBC Indonesia
13 April 2019 10:57
Jakarta, CNBC Indonesia - Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati menjadi sorotan setelah kritik yang dilontarkan Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla. Menurutnya Bandara Kertajati masih sepi lantaran adanya kekeliruan dari sisi perencanaan.

Saat ini tingkat keterisian penumpang masih sangat rendah, bahkan pada musim padat terbang. Infrastruktur pendukung dari bandara ini pun dinilai masih belum siap, dan terlalu jauh untuk diakses sehingga tidak efisien. Jarak dari Bandung ke Kertajati mencapai 100 kilometer. Apalagi untuk menuju Kertajati belum tersambung dengan tol Cisumdawi (Cileunyi-Sumedang-Dawuan).


"Mungkin kurang penelitian sehingga lokasinya tidak pas untuk Bandung atau Jakarta, tanggung," kata Kalla belum lama ini.


Meski demikian, Kementerian Perhubungan optimistis dalam lima tahun mendatang bandara ini akan menguntungkan. Akses menuju Bandara Kertajati nantinya tidak hanya melalui tol Cisumdawi, melainkan juga kereta api.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan tengah mengupayakan untuk meramaikan bandara Kertajati dengan memusatkan pemberangkatan umrah dan haji dari Jawa Barat.Selain itu, Kertajati diyakini juga akan menjadi pusat logistik dalam lima tahun ke depan.

"Kami sedang ingin mendaftar semua itu, semua orang-orang yang sekarang umrah mau kami pindahkan ke sana semua, termasuk secara khusus Garuda dan Lion, dari sana semua berangkatnya," jelas Budi.

Dia juga menegaskan, Bandara Kertajati merupakan ide dari pemerintah daerah yang ingin menyatukan Bandung dan Kertajati. Dengan begitu angkutan-angkutan luar negeri bisa pindah ke bandara ini, tidak hanya terpusat di Jakarta.

Simak video JK kritik Bandara Kertajati di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading