Internasional

UE Beri Sinyal Positif, Perjanjian Brexit Akan Diubah?

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
05 March 2019 17:25
Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt mengatakan UE memberikan sinyal
London, CNBC Indonesia - Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt pada hari Selasa (5/3/2019) mengatakan Uni Eropa (UE) memberikan sinyal "cukup positif" untuk memberikan Inggris kesempatan mengubah kesepakatan Brexit yang diajukan Perdana Menteri Theresa May.

Perubahan itu dapat membantu May mendapat dukungan parlemen Inggris.

Inggris akan keluar dari Uni Eropa (Brexit) pada 29 Maret tetapi perjanjian penarikan diri yang diajukan May ditolak oleh anggota parlemen di Januari. Para anggota parlemen menginginkan jaminan yang mengikat secara hukum bahwa Inggris tidak akan terjebak secara permanen dalam "backstop" Irlandia.


Klausul backstop adalah aturan yang memastikan tidak ada perbatasan yang ketat antara Irlandia Utara (yang merupakan wilayah Britania Raya) dengan Republik Irlandia (yang merupakan wilayah UE) apa pun hasil pembicaraan dagang di kemudian hari antara Inggris dan UE.


"Waktunya sangat singkat. Tapi ... dibandingkan dengan posisi kami sebulan yang lalu, situasinya telah berubah ke arah positif," kata Hunt kepada radio BBC, mengutip Reuters.

"Saya pikir sinyal yang kami dapatkan cukup positif, saya tidak ingin melebih-lebihkannya karena saya pikir masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan."

Saksikan video mengenai rencana penundaan Brexit berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading