Internasional

Ditangkap dan Ditahan, CFO Huawei Serang Balik Kanada

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
04 March 2019 08:08
Ditangkap dan Ditahan, CFO Huawei Serang Balik Kanada
Ottawa, CNBC Indonesia - Para pengacara chief financial officer (CFO) Huawei Meng Wanzhou mengajukan gugatan terhadap pemerintah Kanada, lembaga imigrasi, dan kepolisian federalnya atas dugaan melanggar hak konstitusional Meng karena telah menahan, menggeledah, dan menginterogasi kliennya selama tiga jam.

Kanada menahan Meng pada 1 Desember lalu atas permintaan pemerintah Amerika Serikat (AS). Ia dikenakan tuduhan penipuan perbankan dan transfer bank yang melanggar sanksi AS terhadap Iran.

Ditangkap dan Ditahan, CFO Huawei Serang Balik KanadaFoto: CFO Global Huawei Meng Wanzhou (Foto: REUTERS/Alexander Bibik)

Penahanannya itu memanaskan perseteruan antara Negeri Paman Sam dengan Huawei yang selama ini dituduh membawa ancaman terhadap keamanan nasional AS. Meng merupakan putri dari pendiri Huawei, Ren Zhengfei.


Dalam sebuah gugatan perdata yang diajukan di Mahkamah Agung British Columbia, Jumat (1/3/2019), para pengacara Meng mengatakan cara yang dilakukan para petugas untuk mendapatkan informasi dan bukti dari Meng merupakan pelanggaran serius terhadap Piagam Hak-hak dan Kebebasan Kanada, dilansir dari Reuters.


Dokumen itu juga menambahkan bahwa para petugas Canadian Border Services Agency (CBSA) menunda pelaksanaan surat perintah penahanan dan secara melawan hukum menggeledah dan menginterogasi Meng sebelum ia resmi ditahan.

Kepolisian federal Kanada baru melaksanakan perintah penahanan tiga jam setelah Meng secara melawan hukum diamankan di bandara, tambahnya.

Pihak kepolisian maupun kementerian hukum Kanada tidak memberikan komentar. CBSA mengatakan tidak mengomentari hal-hal terkait persidangan.

Meng saat ini telah dibebaskan dengan jaminan dan akan hadir di pengadilan Vancouver, Rabu mendatang, untuk menghadiri sidang ekstradisinya ke AS. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading