Internasional

Pasca-Kasus Huawei, China Lagi-lagi Tahan Warga Kanada

News - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
19 December 2018 18:21
Pasca-Kasus Huawei, China Lagi-lagi Tahan Warga Kanada
Beijing, CNBC Indonesia - China dilaporkan menahan orang Kanada ketiga, menyusul penangkapan mantan diplomat dan pengusaha yang secara luas dilihat sebagai tindakan pembalasan terhadap penangkapan direktur keuangan Huawei, Meng Wanzhou.

Nasional Post Kanada menulis pejabat Global Affairs Kanada mengonfirmasi bahwa warga negara ketiga telah ditahan oleh pihak berwenang China, meskipun juru bicara itu tidak menghubungkan penangkapan terbaru dengan keributan Huawei.



Global Affairs Canada adalah kekuatan internasional pemerintah Kanada dan menyediakan layanan konsuler untuk warga Kanada serta mengelola hubungan diplomatik negara itu.

Juru bicara itu mengatakan, kantor itu "mengetahui seorang warga negara Kanada" yang ditahan, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut dengan mengutip aturan Undang-undang Privasi, kata The National Post, dilansir dari The Straits Times.

Namun ketika ditanya pada jumpa pers pada Rabu (19/12/2018), juru bicara kementerian luar negeri Cina Hua Chunying mengatakan, "Saya belum mendengar tentang ini."



Mantan diplomat, Michael Kovrig, dan pengusaha. Michael Spavor, masih ditahan oleh pihak berwenang China, yang menuduh kedua orang itu diduga melakukan kegiatan yang mengancam keamanan nasionalnya.

Penahanan mereka di Negeri Tirai Bambu terjadi setelah penangkapan Meng di Vancouver, Kanada.

Meng menghadapi ekstradisi ke Amerika Serikat, di mana dia dituduh melanggar sanksi Iran. Dia dibebaskan dengan jaminan dan akan kembali lagi ke pengadilan awal tahun depan.




The National Post mengutip sumber yang mengatakan orang Kanada yang ditahan itu bukan diplomat atau pengusaha di Cina.

China telah terlibat dalam pertikaian diplomatik dengan Kanada atas penangkapan Meng. Pemerintah China telah memperingatkan Kanada tentang "konsekuensi serius" jika Meng tidak dibebaskan. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading