Internasional

Shutdown Berlanjut Dua Minggu Lagi, AS Akan Rugi Rp 84 T

News - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
12 January 2019 16:23
Pangkas target pertumbuhan ekonomi

Pangkas target pertumbuhan ekonomi

Penutupan pada 2013, yang berlangsung 16 hari, memotong 0,4% PDB pada kuartal keempat 2013. Alexander menunjukkan bahwa pembayaran kepada kontraktor pemerintah kemungkinan akan terpengaruh serta penjualan rumah karena keterlambatan pinjaman federal.



Ekonom J.P. Morgan telah memotong perkiraan pertumbuhan kuartal pertama mereka dengan menjadi 2% karena penutupan ini. Ekonom Bank of America Merrill Lynch mencukur 0,1 poin persentase dari pertumbuhan kuartal keempat, membawa perkiraan itu menjadi 2,8%, karena Government Shutdown.




Jika Government Shutdown berhenti sebelum akhir kuartal, sebagian dari pengeluaran yang hilang dapat dipulihkan begitu pekerja kembali memiliki keuangan yang stabil, tetapi input PDB seperti produktivitas hilang secara permanen.




"Sementara pekerja pemerintah kemungkinan akan mengganti upah mereka yang hilang begitu pemerintah membuka, seperti yang terjadi di masa lalu, banyak pekerja kontrak pemerintah yang kehilangan pekerjaan karena penutupan tidak mungkin mendapatkan pembayaran kembali," kata S&P Global. 

"Pekerja yang hidup dari gaji akan berjuang untuk memenuhi kebutuhan yang semakin lama ini berlangsung. Ketika kebuntuan berlarut-larut, tidak ada gaji yang didapatkan untuk mengisi ulang tabungan mereka, membayar hutang kartu kredit, melakukan pembayaran hipotek, atau membayar sewa mereka."



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading