Internasional

Sejak Bos Huawei Ditahan, China Penjarakan 13 Warga Kanada

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
04 January 2019 11:43
Sejak Bos Huawei Ditahan, China Penjarakan 13 Warga Kanada
Jakarta, CNBC Indonesia - Kanada pada Kamis (3/1/2019) menyatakan 13 warga negaranya telah ditahan Pemerintah China sejak CFO Huawei Technologies Meng Wanzhou ditangkap bulan lalu di Vancouver, Kanada, atas permintaan Amerika Serikat (AS).

Setidaknya delapan dari 13 di antaranya telah dibebaskan, menurut pernyataan resmi pemerintah yang dikutip CNBC International. Pernyataan itu tidak menyebutkan tuduhan hukum apa saja yang dikenakan kepada warga negaranya itu.

China Penjarakan 13 Warga Kanada Sejak CFO Huawei DitahanFoto: CFO Global Huawei Meng Wanzhou (Foto: REUTERS/Alexander Bibik)

Sebelum pernyataan pada Kamis, hanya penahanan tiga orang Kanada yang telah diumumkan secara publik. Ketegangan diplomatik kedua negara telah meningkat sejak penahanan Meng pada 1 Desember lalu, dilansir dari CNBC International.


Pemerintah Kanada telah beberapa kali mengatakan tidak melihat adanya hubungan antara penahanan Meng dengan penangkapan beberapa warga negara Kanada. Namun, diplomat negara-negara Barat di Beijing dan mantan diplomat Kanada telah mengatakan mereka yakin penahanan tersebut adalah aksi balasan oleh China.

Meng dibebaskan dengan jaminan US$7,4 juta pada 11 Dsember dan sekarang tinggal di salah satu dari dua rumah mewahnya yang bernilai miliaran dolar AS di Vancouver sembari melawan proses ekstradisi ke Negeri Paman Sam.

Penangkapan putri pendiri Huawei itu dilakukan atas permintaan AS karena ia dituduh menyesatkan beberapa bank mengenai transaksi terkait Iran. Langkahnya berisiko membuat bank-bank tersebut melanggar sanksi AS. (miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading