Internasional

Xi Jinping 'Marah' ke Trudeau, China-Kanada Bisa Makin Panas?

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
19 November 2022 07:20
Canada's Prime Minister Justin Trudeau speaks with China's President Xi Jinping at the G20 Leaders' Summit in Bali, Indonesia, November 16, 2022.  Adam Scotti/Prime Minister's Office/Handout via REUTERS. THIS IMAGE HAS BEEN SUPPLIED BY A THIRD PARTY. Foto: via REUTERS/ADAM SCOTTI/PMO

Jakarta, CNBC Indonesia - Kejadian unik terjadi di gelaran KTT G20. Presiden China Xi Jinping secara langsung dan terbuka 'memarahi' Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau.

Dalam video berdurasi 1 menit yang viral di media sosial tersebut, Xi Jinping menunjukkan rasa tidak senangnya terhadap sikap Trudeau yang dianggap membocorkan pembicaraan mereka kepada media.

"Semua yang kita bicarakan telah bocor ke surat kabar, itu tidak pantas," kata Xi seraya mengungkapkan kekecewaannya.

Beberapa analis sendiri bersuara terkait insiden ini. Pasalnya, Xi secara terang-terangan berbicara pada Trudeau dalam forum yang cukup ramai itu.

"Dia pasti tidak akan berbicara seperti itu kepada presiden AS. Jadi itu menunjukkan bahwa Xi memiliki tingkat penghinaan terhadap PM dan tidak melihat Kanada sebagai mitra penting," kata Charles Burton, peneliti senior di Institut Macdonald-Laurier kepada CBS News.

Burton mengatakan ia menemukan bahasa yang digunakan oleh Xi selama interaksinya dengan Trudeau pada KTT G20 di Bali sebagai 'sangat meremehkan dan mengancam'. Ini bahwa setiap dasar yang dimiliki pemerintah bahwa China menghormati Kanada sebagai negara yang berpengaruh di dunia sudah lama menghilang.

Menurut laporan yang bocor, selama diskusi singkat antara kedua pemimpin, mereka berdiskusi penangkapan dan penahanan yang dilakukan otoritas China terhadap dua orang Kanada serta penangkapan dan penahanan Kanada terhadap seorang eksekutif Huawei China. Ini mengangkat kekhawatiran tentang laporan bahwa China diam-diam mendanai 11 kandidat dalam pemilihan federal 2019.

Lynette Ong, seorang profesor ilmu politik di Munk School of Global Affairs and Public Policy Universitas Toronto, mengatakan bahwa Xi adalah seseorang yang biasanya dan sangat berhati-hati dengan apa yang dia katakan di depan umum.

"Xi tahu tegurannya akan ditangkap oleh media, yang berarti ia ingin 'jubah' ini dilihat oleh khalayak domestik dan internasional," terangnya.

Guy Saint-Jacques, yang merupakan Duta Besar Kanada untuk China dari 2012 hingga 2016, mengatakan bahwa ini semua 'telah direncanakan sebelumnya'. Xi ingin menyampaikan pesan yang jelas kepada Trudeau saat kamera merekam.

"Saya setuju bahwa ini adalah ancaman terselubung, dan saya menemukan seluruh episode ini sangat mengejutkan karena sangat jarang Xi Jinping terlibat dalam perilaku seperti ini," kata Saint-Jacques kepada pembawa acara Power & Politics CBC, David Cochrane.

"Tujuan Xi adalah untuk membuat Trudeau kehilangan muka di depan umum di rumah dan di seluruh dunia, kata Saint-Jacques, mencatat konfrontasi menunjukkan "ketidakpedulian Presiden China terhadap PM."

Saint-Jacques menambahkan bahwa Xi juga memiliki ketidaknyamanan dengan langkah Ottawa dalam strategi Indo-Pasifiknya. Ia menyarankan Menteri Luar Negeri Mélanie Joly adalah untuk bicara dengan mitranya dari China pada KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) berikutnya dan mencoba mengendalikan kerusakan.

"Untuk mengatakan, 'Begini, kita harus menurunkan suhu. Saya tahu Anda tidak menyukai strategi Indo-Pasifik kami, tetapi kami memiliki topik untuk didiskusikan dengan Anda. Kami dapat membantu Anda di beberapa area yang akan menguntungkan kedua belah pihak. Dan mari kita coba untuk memajukan ini,'" katanya.

Sementara itu, Presiden Grup Eurasia Ian Bremmer meyakini teguran Xi sebagai sesuatu yang 'cukup langsung' dan mungkin akan ada implikasi ekonomi atau diplomatik.

"Kami telah melihat sebelumnya bahwa orang China bersedia menjadi contoh pemimpin individu dan negara ketika mereka merasa tidak dihargai."


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Video: Saat Xi Jinping "Marah" ke PM Kanada di G20


(luc/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading