Investor, Sekarang Urus Izin Investasi Balik Lagi ke BKPM

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
02 January 2019 11:18
Investor, Sekarang Urus Izin Investasi Balik Lagi ke BKPM
Jakarta, CNBC Indonesia- Pelayanan sistem Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (OSS) mulai hari ini, Rabu (2/1/2019), secara resmi kembali ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Dalam beberapa bulan terakhir, seluruh sistem perizinan investasi memang sementara ditempatkan di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Namun mulai hari ini, sistem dikembalikan ke BKPM. 




Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono mengatakan, cakupan pengalihan akan dilakukan secara bertahap. Pertama, dari sisi operasional layanan perizinan berusaha berbantuan serta operasional sistem OSS.

Operasional layanan terdiri dari penyediaan pelayanan perizinan berusaha beserta fasilitas pendukungnya, penyediaan pusat layanan, layanan bantuan teknis melalui e-mail, serta penyediaan sumber daya manusia dan anggaran.

"Meskipun sistem OSS dialihkan ke BKPM, untuk penyelesaian permasalahan dan kendala teknis operasional sistem OSS bersama-sama dengan Tim Teknis sistem OSS Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian," kata Susiwijono.

Adapun operasional sistem OSS yang disediakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian merupakan versi 1.0 upgrade serta penyelesaian kendala teknis tetap melibatkan Tim Teknis sistem OSS Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.
 
Sementara yang kedua, adalah penyediaan infrastruktur sistem OSS oleh BKPM yang akan dimulai pada 1 Maret 2019.
 
"Infrastruktur sistem OSS mencakup jaringan, perangkat keras, lisensi perangkat lunak, dan perangkat pendukung akan dimulai pada 1 Maret 2019," pungkas Susiwijono.
 
Susiwijono menegaskan, untuk pengelolaan operasional sistem OSS tidak ada pemindahan sistem atau aplikasi karena sistem OSS merupakan sistem berbasis web dan saat ini berjalan di infrastruktur cloud.
 
"Kami menggunakan sistem cloud yang berjalan di datacenter serta tersertifikasi ISO 27001-2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi," tegas Susiwijono. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading