Sudah di BKPM Sejak Awal Tahun, Apa Kabar Layanan OSS?

News - Samuel Pablo, CNBC Indonesia
06 February 2019 15:47
Sudah di BKPM Sejak Awal Tahun, Apa Kabar Layanan OSS?
Jakarta, CNBC Indonesia - Seluruh layanan perizinan berusaha terintegrasi atau Online Single Submission (OSS) telah berada di bawah Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sejak 2 Januari 2019.

Kendati demikian, Kepala BKPM Thomas Lembong menyebut pelaksanaan OSS masih menemui kendala. Demikian disampaikan Tom, sapaan akrab Thomas Lembong, saat ditemui di kantornya, Rabu (6/2/2019).

"Masih cukup banyak tantangan, masih cukup banyak kesulitan. Satu, masalah software, masalah konektivitas kita benahi sekarang," ujarnya.


Sudah di BKPM Sejak Awal Tahun, Apa Kabar Layanan OSS?Foto: CNBC Indonesia/Lidya Julita S


Terlepas dari sejumlah masalah, Tom menargetkan pada Rapat Kerja Nasional Tahunan 2019 dengan 530 BKPM daerah di pertengahan Maret 2019, akan ada fase berikut OSS.

Fase berikut OSS itu lebih kepada aspek pengawasan dan fasilitasi.

"Jadi proyek-proyek besar investasi di daerah membutuhkan koordinasi dengan pusat seperti Kementerian PU, energi dan sumber daya mineral, perdagangan, perindustrian," kata Tom.



Lebih lanjut, dia mengatakan, OSS dimaksudkan untuk menjadi platform koordinasi online antarkementerian/lembaga. OSS juga bertujuan menyamakan tantangan dan kendala investasi pada fase lanjutan.


"OSS dan aspek perizinan terus kita benahi dan sempurnakan," ujar Tom.
Simak video terkait pertumbuhan ekonomi RI 2018 di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading