Internasional

Presiden China Kirim Pesan Damai untuk Trump

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
02 January 2019 06:27
Presiden China Kirim Pesan Damai untuk Trump
Jakarta, CNBC Indonesia - Sejarah menunjukkan bahwa kerja sama adalah pilihan terbaik baik China dan Amerika Serikat (AS), demikian isi pesan Presiden China Xi Jinping kepada Presiden AS Donald Trump, Selasa (1/1/2019).

Pesan itu ia sampaikan untuk memperingati 40 tahun hubungan diplomatik kedua negara.



Dua negara dengan ekonomi terbesar di dunia itu pada awal bulan lalu menyepakati gencatan senjata 90 hari sembari merundingkan perjanjian perdagangan untuk mengakhiri perseteruan dagang keduanya.


Dalam pesannya kepada Trump, Xi mengatakan hubungan China-AS mengalami pasang surut namun telah membuat kemajuan bersejarah dalam empat dekade terakhir, kantor berita pemerintah Xinhua melaporkan, dilansir dari CNBC International.

Hal ini telah membawa manfaat besar bagi masyarakat kedua negara dan berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran dunia, kata Xi.

Presiden China Kirim Pesan Damai untuk TrumpPresiden China Xi Jinping dan Presiden AS Donald Trump (Foto: CNBC)

"Sejarah telah membuktikan bahwa kerja sama adalah pilihan terbaik bagi kedua belah pihak," tambahnya.

Hubungan AS dan China sedang berada di tahap yang sangat penting, ujarnya.

"Saya sampaikan sangat pentingnya perkembangan hubungan China-AS dan saya bersedia bekerja dengan Presiden Trump untuk merangkum pengalaman perkembangan hubungan China-AS dan menerapkan konsensus yang telah kami capai dalam upaya bersama untuk meningkatkan hubungan China-AS melalui koordinasi, kerja sama, dan stabilitas demi manfaat yang lebih baik bagi masyarakat kedua negara dan juga warga seluruh dunia," kata Xi.

Trump membalasnya dengan mengirimkan pesan yang menyatakan bahwa prioritas utamanya adalah meningkatkan hubungan AS-China yang kooperatif dan membangun, Xinhua melaporkan.



Xi dan Trump juga berbicara lewat telepon akhir pekan lalu. Sang presiden AS mengatakan pembicaraan itu baik dan panjang dan bahwa kemungkinan kesepakatan dagang antara AS dan China mengalami perkembangan yang baik.

Kedua negara berencana untuk bertemu dan merundingkan urusan perdagangan Januari ini, kata Kementerian Perdagangan China pekan lalu.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading