Trump Telepon Xi Jelang Tutup Tahun, Damai Dagang Terwujud?

News - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
30 December 2018 13:50
Trump Telepon Xi Jelang Tutup Tahun, Damai Dagang Terwujud?
Washington DC, CNBC Indonesia - Titik cerah mewarnai periode gencata senjata perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China. Pada Sabtu (29/12/2018), Presiden AS Donald Trump mengadakan pembicaraan dengan Presiden China Xi Jinping.

Demikian disampaikan Trump melalui akun Twitternya seperti dilansir Reuters, Ahad (30/12/2018). "Baru saja melakukan pembicaraan yang panjang dan sangat baik dengan Presiden Xi dari Cina," tulis Trump.

"Kesepakatan bergerak dengan sangat baik. Jika dibuat, itu akan sangat komprehensif, mencakup semua subjek, area dan titik perselisihan. Kemajuan besar sedang dibuat!" lanjutnya.


Trump Telepon Xi, Damai Dagang Segera Terwujud? Foto: cnbc


Kicauan Trump juga terkonfirmasi dari media pemerintah China, Xinhua. Menurut Xinhua, Xi mengatakan tim dari kedua negara telah bekerja untuk mengimplementasikan konsensus yang dicapai dengan Trump.

"Saya berharap kedua tim akan saling bertemu, bekerja keras, dan berusaha untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan dan bermanfaat bagi dunia secepat mungkin," kata Xi.

Trump Telepon Xi, Damai Dagang Segera Terwujud? Foto: cnn.com


Perang dagang antara AS dan China merupakan fokus utama pembicaraan dunia sepanjang 2018. Perselisihan itu telah mengguncang perekonomian global dan juga pasar keuangan dunia.

Ini lantaran arus barang bernilai ratusan miliar dolar AS antara AS dan China terhambat oleh serangkaian tarif. Mulai dari komoditas pertanian, otomotif hingga teknologi tingkat tinggi.



Pada 1 Desember atau di sela-sela KTT G20 di Buenos Aires, Argentina, Trump dan Xi sepakat untuk melakukan gencatan senjata dalam perang dagang. Mereka memutuskan untuk menunda mengenakan lebih banyak tarif selama 90 hari mulai 1 Desember.

Sambil berjalan, para pejabat dari kedua negara terus menegosiasikan kesepakatan untuk mengakhiri perselisihan dagang tersebut.

[Gambas:Video CNBC] (miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading