Internasional

Akhirnya Anggaran Italia Dapat Lampu Hijau Uni Eropa

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
19 December 2018 07:01
Akhirnya Anggaran Italia Dapat Lampu Hijau Uni Eropa
Jakarta, CNBC Indonesia - Italia telah mencapai kesepakatan dengan Komisi Eropa terkait rancangan anggaran 2019 yang selama ini telah menjadi polemik kedua belah pihak, kata seorang juru bicara pemerintah, Selasa (18/12/2018).

Ia menambahkan bahwa kesepakatan itu akan diformalkan hari Rabu waktu setempat di Brussels, dilansir dari Reuters.



Komisi Eropa sebelumnya menolak rancangan anggaran Italia yang memasukkan angka defisit yang tinggi di Oktober karena melanggar aturan fiskal Uni Eropa.


Roma menyetorkan rencana baru yang telah direvisi pekan lalu dengan angka defisit yang lebih rendah serta membuka pintu negosiasinya. Belum ada detail yang diungkapkan terkait rancangan baru tersebut.

"Kami telah mencapai kesepakatan tentang penurunan fiskal lebih lanjut yang mungkin akan diapresiasi oleh Uni Eropa," kata pemimpin Partai Liga, Matteo Salvini, setelah pertemuan maraton Minggu malam, menurut kantor berita Ansa.



Melansir Reuters, waktu untuk mengesahkan rancangan undang-undang anggaran 2019 hampir habis, yaitu harus disahkan pada akhir tahun. Pertemuan pemerintah berakhir setelah berlangsung lebih dari empat jam dan hanya sedikit rincian diberikan.

Salvini, pemimpin Partai Gerakan Bintang Lima Luigi Di Maio, dan Perdana Menteri Giuseppe Conte telah menegaskan setiap kesepakatan dengan eksekutif Eropa agar tidak mengganggu reformasi utama mereka, yaitu dukungan pendapatan untuk orang miskin dan usia pensiun yang lebih rendah. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading