Grab Sebut Honda Salah Satu Pemegang Saham Perseroan

News - Raydion Subiantoro, CNBC Indonesia
13 December 2018 16:02
Yamaha hari ini mengumumkan pendanaan ke Grab. Sebelumnya, Honda sudah mengikat kerja sama dengan Grab.
Jakarta, CNBC Indonesia - Yamaha Motor Company Ltd hari ini mengumumkan aksi korporasi berinvestasi di Grab dengan menanamkan US$ 150 juta atau sekitar Rp 2,1 triliun.

Kerja sama ini fokus untuk mengembangkan kedua perseroan di kawasan ASEAN, khususnya pasar Indonesia.

Di samping soal suntikan dana investasi, kerja sama yang terjalin ini juga memungkinkan mitra driver Grab mendapat kemudahan dalam membeli sepeda motor Yamaha.


Grab juga akan memanfaatkan teknologi dan keahlian Yamaha dalam keselamatan sepeda motor guna mendorong keselamatan dan kenyamanan berkendara bagi mitra driver.

Kerja sama serupa yakni antara pabrikan motor dan aplikator transportasi online juga dilakukan oleh PT Astra Honda Motor, anak usaha dari PT Astra International Tbk (ASII), dan Go-Jek.

"Go-Jek punya sekitar 600.000 driver dan 600.000 pengemudi sepeda motor. Astra tiap tahun menjual 4 juta sepeda motor dengan 75% pangsa pasar, mungkin akan garap pasar Papua bareng karena Go-Jek belum masuk Papua," ujar Direktur Utama Astra Internasional, Prijono Sugiarto, saat mengumumkan kerja sama pada Februari 2018.

Namun, ternyata Grab juga sudah mengikat kerja sama dengan Honda Motor Co Ltd, prinsipal sepeda motor merek Honda di Jepang.

Berdasarkan siaran pers Grab, penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Honda dilakukan pada 2016.



Kolaborasi tersebut guna meningkatkan manfaat yang diterima oleh mitra pengemudi dan penumpang GrabBike di seluruh negara di mana layanan GrabBike tersedia.

"Sebagai bagian dari kemitraan ini, Honda telah melakukan investasi strategis di Grab," tulis Grab dalam siaran pers tersebut.

"Grab dan Honda direncanakan akan berkolaborasi dalam sejumlah program pelatihan para mitra pengemudi yang mengedepankan aspek- aspek berkendara motor yang aman, upaya bersama untuk mengurangi kemacetan di area perkotaan melalui layanan ride-sharing seperti Grab, pengembangan teknologi serta inisiatif-inisiatif lainnya."

Sementara itu, President Grab Ming Maa mengatakan pihaknya sangat senang dapat meningkatkan pengalaman dalam menggunakan layanan GrabBike untuk komunitas mitra pengemudi dan pengguna melalui kerja sama dengan Honda.

"Kami menyambut baik Honda sebagai salah satu pemegang saham dan mitra utama atas solusi mobilitas yang inovatif untuk jangka panjang seiring dengan upaya kami untuk mendorong kemajuan Asia Tenggara," ujarnya.
Artikel Selanjutnya

Driver Taksi Online Tak Wajib di Bawah Koperasi dan Korporasi


(ray/ray)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading