Bulan Ini, KNKT Rilis Hasil Analisis Black Box Lion JT-610

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
22 November 2018 13:18
Bulan Ini, KNKT Rilis Hasil Analisis Black Box Lion JT-610
Jakarta, CNBC Indonesia - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) pada akhir bulan ini akan mengumumkan hasil penyelidikan terhadap kotak hitam (black box) pesawat Lion Air JT-610.

Hal tersebut dikemukakan oleh Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono, dalam rapat kerja bersama Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di gedung parlemen, Kamis (22/11/2018).

"Black box akan diumumkan pada tanggal 28, sesuai bahwa 30 hari setelah kejadian harus menyampaikan laporan awal," kata Soerjanto.


Berdasarkan analisa KNKT dari data black box, ada indikasi pesawat kehilangan daya angkat karena kemudi yang tidak berfungsi secara optimal. meskipun tetap berada di udara.


"Sempat turun, dan naik lagi di 5.000 kaki. [...] Beban kemudi menjadi berat, dan pesawat turun," kata Soerjanto.

Hasil analisa KNKT juga menyebutkan bahwa situasi yang terjadi pada penerbangan Jakarta - Pangkal Pinang sebelumnya mengalami kendalan serupa pada penerbangan Bali - Jakarta.


Soerjanto mengemukakan, pada akhir bulan ini pihaknya akan segera mengumumkan secara detail hasil analisa yang sudah dilakukan terhadap Black Box Lion air JT-610.

"Tanggal 28 KNKT akan mengeluarkan pre elementary report," jelasnya.

Selain menyampaikan hasil analisa Black Box, KNKT pada tanggal yang sama juga akan menyampaikan hasil analisa terhadap Flight Data Recorder (FDR). (ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading