Internasional

AirAsia X Pikirkan Tukar Airbus Besar ke Tipe Lebih Kecil

News - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
09 November 2018 14:05
Maskapai AirAsia X Bhd sedang mempertimbangkan untuk mengganti beberapa dari pesanan pesawat jet berbadan lebar Airbus A330neo ke jet berbadan sedang A321neos.
Singapura, CNBC Indonesia - Maskapai AirAsia X Bhd sedang mempertimbangkan untuk mengganti beberapa dari pesanan pesawat jet berbadan lebar Airbus A330neo ke jet berbadan sedang A321neos. Perusahaan itu belum memfinalkan rencana pesanan untuk 34 unit Airbus A330neo yang masuk pada bulan Juli.

"Ini adalah hal yang sedang dibicarakan oleh tim," kata CEO AirAsia X Malaysia Benyamin Ismail kepada wartawan di sela-sela konferensi CAPA Center for Aviation, Jumat (9/11/2018), dilansir dari Reuters.


Dia mengatakan jumlah yang dapat diganti ke A321neos belum diputuskan. Ia menambahkan pesawat itu dapat digunakan di pasar yang lebih kecil, di mana jet berbadan lebar terlalu besar atau tidak sesuai.


Ismail menyatakan kesepakatan yang ditandatangani dengan Airbus pada Juli untuk 34 A330neos adalah sebuah nota kesepahaman yang belum ditandatangani oleh dewan perusahaan, tetapi pesanan sebelumnya untuk 66 A330neos sudah pasti, dengan pengiriman yang akan dimulai pada akhir 2019.

Maskapai ini, bagaimanapun, belum mengesampingkan rencana pembelian Boeing 787, katanya, sebagai akibat dari potensi masalah dengan mesin Rolls-Royce di A330neo.


Mesin Rolls-Royce pada 787 memiliki masalah signifikan yang membutuhkan perbaikan pemeliharaan. AirAsia X akan mempertimbangkan membeli 787 dengan mesin General Electric, kata Ismail.
(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading