Pertamina Ajukan Minat Kelola Blok Jabung

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
15 October 2018 18:30
Pertamina Ajukan Minat Kelola Blok Jabung
Jakarta, CNBC Indonesia- Pemerintah tengah melakukan pembahasan terkait blok-blok yang akan diterminasi pada 2023 mendatang, salah satunya adalah Blok Jabung.

Dirjen Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan, terkait Blok Jabung, PT Pertamina (Persero) telah menyatakan minatnya untuk mengelola blok tersebut.




"Untuk Jabung, Pertamina sudah ajukan minat untuk kelola. Persisnya kapan saya tidak ingat, detilnya juga lupa," ujar Djoko kepada media saat dijumpai usai melakukan rapat dengar pendapat (RDP) di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Senin (15/10/2018).

Meski begitu, lanjut Djoko, Pertamina tidak serta merta berpeluang besar mendapatkan blok tersebut. Pasalnya masih ada kontraktor eksisting yang tentunya harus dipertimbangkan.

"Pertamina memang berminat, tapi kan kontraktor eksisting yang pertama kami lihat," pungkas Djoko.

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) memang dikabarkan tengah melirik pengelolaan blok Jabung, yang merupakan salah satu wilayah kerja (WK) terminasi yang habis kontraknya pada 26 Februari 2023 mendatang.

Adapun, sebelumnya, berdasar dokumen yang diterima CNBC Indonesia, Pertamina diketahui mengajukan permohonan open data untuk Blok Jabung pada tanggal 6 Juli 2018. Surat yang ditujukan ke Direktur Jenderal Migas ESDM ini menyebut pengajuan open data ini dilakukan sebagai langkah untuk meningkatkan peran dalam pengelolaan sumber energi nasional. 

Pertamina menilai WK Jabung merupakan WK yang menarik potensinya. Saat ini, kontraktor WK Jabung adalah PetroChina yang juga operator (27,85%), Petronas Carigali (27,85%), PHE Jabung (14,28%) dan PT PP Oil & Gas (30%). (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading