Bayar Rokan, Pertamina Terbitkan Global Bond di Akhir Tahun

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
03 October 2018 15:40
Bayar Rokan, Pertamina Terbitkan Global Bond di Akhir Tahun
Jakarta, CNBC Indonesia- Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero) Pahala N Mansury mengatakan, perusahaan akan menerbitkan obligasi global sebelum akhir tahun ini, sebagai upaya untuk mendukung investasi jangka panjang perusahaan, termasuk investasi untuk sektor hulu.

"Sudah masuk dalam pengajuan proposal, kami juga sudah melakukan audit, dan ada lima bank nantinya yang akan bersinergi dalam penerbitan obligasi ini," ujar Pahala kepada media saat dijumpai di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (3/10/2018).




Adapun, sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno mengatakan, PT Pertamina (Persero) berencana untuk menerbitkan obligasi global (global bond) untuk membayar bonus tanda tangan blok Rokan kepada Pemerintah.

"Kami sedang menjajaki obligasi global untuk Pertamina. Dengan memenangkan Rokan, kan Pertamina harus bayar bonus tanda tangan sebesar US$ 784 juta, nah itu kami akan tarik pinjaman jangka menengah dari bank luar negeri (offshore), sehingga (pinjaman) berbasis Dolar, karena harus bayar ke negara juga dolar," ujar Rini kepada media saat dijumpai di Jakarta, Rabu (12/9/2018).

Lebih lanjut, Rini menjelaskan, alasan pinjaman dari bank offshore tersebut juga sebagai upaya untuk mengurangi tekanan pada Rupiah. Ia pun menyebutkan, besaran obligasi global tersebut rencananya diterbitkan sama dengan jumlah bonus tanda tangan, yakni US$ 784 juta. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading