Tiba di Vietnam, Jokowi Bidik ZEE dan Revolusi Industri 4.0

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
11 September 2018 17:26
Tiba di Vietnam, Jokowi Bidik ZEE dan Revolusi Industri 4.0
Ha Noi, CNBC Indonesia -- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memulai kunjungan kerja di Ha Noi, Vietnam, Selasa (11/9/2018).

Jokowi dijadwalkan bertemu Presiden Vietnam Tran Dai Quang dan membahas pengembangan kerja sama ekonomi dan memperluas akses pasar antara kedua negara.

Dilansir Vietnam News Agency, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir menyatakan Jokowi ingin memastikan kerja sama erat kedua negara tetap terjaga.


Apalagi, Indonesia dan Vietnam memiliki beragam kemiripan. Mulai dari populasi penduduk besar hingga pertumbuhan ekonomi yang tinggi dalam tiga tahun belakangan.

Khusus untuk pertemuan dengan Presiden Vietnam, Jokowi fokus pada kerja sama dalam bidang keluatan dan perikanan. Hal lain yang tidak kalah penting adalah penyelesaian batas Zona Ekonomi Ekslusif.

Arrmanatha mengatakan, negosiasi perbatasan maritim kedua negara sudah lama berlangsung. Harapannya, pertemuan kedua presiden dapat mempercepat proses penyelesaian negosiasi.

Pemerintah Indonesia dan Vietnam juga akan menandatangani dua nota kesepahaman di bidang kesehatan dan pariwisata. Kedua negara juga akan mengeluarkan komunike bersama tentang penangkapan ikan secara ilegal.

Selain pertemuan bilateral, Jokowi juga akan berbicara dalam acara World Economic Forum on ASEAN dengan tema 'ASEAN Priorities in the Fourth Industrial Revolution'.

Pesan yang akan disampaikan Jokowi adalah pentingnya ASEAN memiliki strategi untuk menangani dampak revolusi industri 4.0. (miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading