Internasional

Jokowi Ucapkan Belasungkawa atas Wafatnya Presiden Vietnam

News - Arys Aditya, CNBC Indonesia
22 September 2018 12:22
Jokowi Ucapkan Belasungkawa atas Wafatnya Presiden Vietnam
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Presiden Vietnam kedelapan, Trần Đại Quang. Presiden Vietnam wafat pada Jumat, 21 September 2018, pukul 10.05 waktu setempat.

"Saya sedih mendengar kabar duka ini karena baru saja bertemu beliau pada 11 September 2018. Saya terkesan atas dedikasi beliau kepada negara dan rakyat Vietnam," tulisJokowi dalam akun Instagram pribadinya, Sabtu (22/9/2018).

Saat berkunjung ke Hanoi beberapa waktu lalu, Jokowi mendapat sambutan hangat dari Presiden Trần Đại Quang. Keduanya juga membicarakan peningkatan kerja sama antara Indonesia dan Vietnam.





"Doa saya untuk keluarga, rekan, dan rakyat Vietnam," kata Presiden dalam unggahannya itu.

Presiden Vietnam Tran Dai Quang meninggal di usia 61 tahun, Jumat (21/9/2018) karena penyakit serius dan berkepanjangan yang dideritanya, menurut laporan media pemerintah.

Penyebab Quang meninggal dunia adalah "penyakit serius meskipun sudah ada perawatan khusus dari para profesor dan dokter" baik di Vietnam maupun di luar negeri, kata Kantor Berita Vietnam yang dikutip AFP.

Quang menjabat sebagai presiden sejak April 2016 setelah bekerja lebih dari empat dekade di Kementerian Keamanan Publik yang kuat. Ia memiliki reputasi sebagai pemimpin yang tangguh dengan sedikit toleransi bagi perbedaan pendapat.

Meskipun ia memegang salah satu dari empat posisi teratas dan secara resmi menjadi kepala negara, perannya sebagai presiden terlihat lebih seremonial, menyambut para pemimpin yang mengunjungi Vietnam dan menyelenggarakan acara diplomatik dalam upaya untuk meningkatkan citra negra itu di panggung dunia.





(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading