Mati Suri atau Hidup Lagi, Nasib Merpati Ditentukan 3 Oktober

News - Gita Rossiana, CNBC Indonesia
06 September 2018 14:57
Merpati kini tengah diajukan dalam PKPU.
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Merpati Nusantara Airlines kini sedang dalam keadaan mati suri. Maskapai milik BUMN itu kini sudah tidak mengoperasikan satu pun penerbangan, namun status perusahaan masih ada.

Direktur Utama PT Perusahaan Pengelola Aset, Henry Sihotang, mengatakan saat ini Merpati sedang diajukan dalam proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

Seperti diketahui, salah satu kreditur Merpati mengajukan PKPU pada Januari 2018 di mana beban utang sudah melambung ke Rp 10,72 triliun.


Kendati demikian, Henry menyebut bahwa masih ada investor yang tertarik kembali menghidupkan Merpati.


Keputusan jadi atau tidaknya investor itu menghidupkan Merpati akan ditentukan pada 3 Oktober 2018.

"Tanggal 3 Oktober, apabila para kreditur sepakat dan calon investor firm, maka ada potensi (perbaikan)," kata Henry di gedung DPR, Kamis (6/9/2018).

Merpati sebelumnya dikenal sebagai salah satu BUMN yang melayani rute-rute di kawasan timur Indonesia. Menjembatani pulau-pulau di Indonesia hingga ke pelosok. 

Nama perseroan juga sempat terdengar kencang ketika mengoperasikan pesawat asal China, yakni MA60 yang diproduksi oleh Xian Aircraft. Namun, lantaran kondisi keuangan yang parah, Merpati berhenti beroperasi 1 Februari 2014.
(ray/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading