Internasional

AS-Meksiko Berdamai, Ini Lima Poin Utama Kesepakatannya

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
28 August 2018 14:12
AS-Meksiko Berdamai, Ini Lima Poin Utama Kesepakatannya
Jakarta, CNBC Indonesia - Amerika Serikat dan Meksiko pada hari Senin (27/8/2018) menyetujui kesepakatan perdagangan yang memaksa Kanada untuk menerima syarat-syarat baru terkait perdagangan mobil, penyelesaian sengketa dan aturan pertanian, yang ditujukan untuk menjaga keutuhan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA).
 
Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer mengatakan Gedung Putih siap untuk memberitahu Kongres AS pada hari Jumat, tentang keinginan Presiden Donald Trump untuk menandatangani dokumen bilateral. Tetapi, Lighthizer juga menyebut perjanjian itu terbuka untuk Kanada.
 
NAFTA, yang telah dijalankan selama 24 tahun, adalah perjanjian trilateral antara Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko yang menyokong sekitar US$1,2 triliun dalam Perdagangan Amerika Utara.
 
Melansir Reuters, berikut beberapa pokok utama dari negosiasi tersebut:
 
Dominasi Otomotif

AS-Meksiko Damai, Ini Lima Poin Utama KesepakatannyaFoto: REUTERS/Rebecca Cook
 
Kesepakatan baru mencakup penambahan jumlah kendaraan yang diproduksi di Amerika Serikat atau Meksiko, menjadi 75%, naik dari batas produksi di NAFTA yang sebesar 62,5%.
 
Kenaikan batas produksi bertujuan untuk mengurangi lebih banyak impor dari Asia, meningkatkan manufaktur dan pekerjaan otomotif Amerika Utara. Bahkan, jika lebih banyak pabrik dibangun di Meksiko, pekerjaan akan tumbuh di Amerika Serikat karena tingkat integrasi yang tinggi. Penelitian juga menunjukkan bahwa bagian AS mencakup 40% dari nilai setiap mobil buatan Meksiko yang diekspor ke Amerika Serikat.

 Fakta ini juga meningkatkan jumlah penggunaan baja, aluminium, kaca dan plastik dari AS dan Meksiko.
 
Awalnya, dalam perombakan perjanjian NAFTA, AS meminta penggunaan konten regional sebanyak 85%, di mana 50%-nya berasal dari pabrik AS. Rencana itu jelas ditentang keras oleh Meksiko, Kanada dan industri otomotif. Namun, dalam persyaratan kesepakatan AS-Meksiko, permintaan itu diubah.  AS kini meminta bagian sekitar 40-45% dari nilai kendaraan, juga agar kendaraan dibuat di daerah-daerah berupah tinggi, yang gaji karyawannya setidaknya US$16 per jam. Hal ini memicu produksi otomotif yang signifikan di Amerika Serikat.
 
Meskipun detail perjanjian otomotif yang lengkap belum dirilis, namun para pejabat industri otomotif mengatakan perjanjian baru akan memungkinkan Trump untuk memberlakukan tarif keamanan nasional yang lebih tinggi pada kendaraan yang tidak sesuai dengan ambang batas baru.
 
Sebagian besar ekspor mobil Meksiko tengah bersiap untuk mematuhi batas baru, kata menteri ekonomi negara itu.
 
Tidak ada "pembatalan" kesepakatan


AS-Meksiko Damai, Ini Lima Poin Utama KesepakatannyaFoto: REUTERS/Chris Wattie
 
Trump sebelumnya telah mengajukan "pembubaran" perjanjian, kecuali Kanada dan Meksiko setuju untuk merundingkan kembali NAFTA setiap lima tahun. Permintaannya itu disebut para pebisnis akan menghambat investasi jangka panjang di kawasan itu. Namun kini Trump sudah menarik "pembubaran" perjanjian itu.
 
Kanada dan Meksiko telah sangat menentang klausa itu. Namun, Amerika Serikat dan Meksiko kemudian menyetujui jangka waktu 16 tahun untuk meneruskan NAFTA, dengan peninjauan setiap enam tahun sehingga dapat memperpanjang pakta itu selama 16 tahun lebih. Hal itu memberikan kepastian bisnis yang lebih besar.
 
Penyelesaian sengketa

AS-Meksiko Damai, Ini Lima Poin Utama KesepakatannyaFoto: Reuters
 
Meksiko setuju untuk menghapus sistem penyelesaian sengketa anti-dumping, Bab 19 NAFTA.
 
Langkah itu, yang telah diupayakan oleh Amerika Serikat, menempatkan Kanada dalam posisi yang sulit karena Perdana Menteri Justin Trudeau bersikeras mempertahankan Bab 19 sebagai cara untuk mencegah negara dijatuhi tarif impor oleh AS. Rencananya, jika berhasil menghapuskan Bab 19, AS akan menerapkan bea masuk pada produk kayu lunak, kertas dan produk lain yang dianggap AS 'tidak adil'. Saat ini Ottawa memiliki waktu kurang dari seminggu untuk memutuskan untuk menerima atau menolak kesepakatan baru yang tidak mencakup Bab 19 itu.
 
Sistem penyelesaian sengketa antara investor dan negara telah dikurangi. Saat ini hanya ada sistem untuk pengambilalihan (expropriation), yang disukai oleh perusahaan lokal dan sektor yang didominasi negara, seperti sektor minyak, listrik dan infrastruktur.
 
Petani, tenaga kerja

AS-Meksiko Damai, Ini Lima Poin Utama KesepakatannyaFoto: REUTERS/Dan Koeck
 
Kesepakatan baru akan membuat produk pertanian yang diperdagangkan antara Amerika Serikat dan Meksiko tidak dikenai tarif masuk sama sekali. Kesepakatan itu juga dibentuk untuk mendukung sektor biotek dan inovasi lainnya di bidang pertanian. Perjanjian ini juga tidak mencakup permintaan AS, untuk menerapkan hambatan perdagangan demi melindungi petani buah dan sayuran musiman AS dari persaingan Meksiko.
 
Perjanjian ini berisi ketentuan ketenagakerjaan yang dapat diberlakukan, yang mengharuskan Meksiko untuk mematuhi standar-standar hak buruh Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) dalam upaya untuk meningkatkan upah Meksiko.
 
Kanada
 
AS-Meksiko Damai, Ini Lima Poin Utama KesepakatannyaFoto: Reuters/Blair Gable

Kesepakatan NAFTA AS-Meksiko membuka pintu bagi Kanada untuk segera bergabung kembali dalam pembicaraan dan merupakan kemajuan yang besar dalam upaya memperbarui kesepakatan tersebut.
 
Kanada, yang menunggu sampai Amerika Serikat dan Meksiko menyepakati perjanjian bilateral mereka, sekarang ini ditekan untuk menyetujui syarat-syarat baru tentang perdagangan otomotif dan isu-isu lainnya agar bisa tetap menjadi bagian dari perjanjian tiga negara itu (NAFTA).
 
Trump telah menyajikan kesepakatan baru ini sebagai kesepakatan bilateral, dan mengancam akan menerapkan bea impor mobil bagi Kanada. Beberapa anggota parlemen mengatakan kesepakatan bilateral tersebut akan menghadapi banyak penolakan di Kongres karena undang-undang otoritas negosiasi jalur cepat NAFTA meminta dibuat perjanjian trilateral, bukan bilateral.


    
(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading