Berebut Blok Minyak Raksasa RI, Chevron Lobi Luhut?

News - Arys Aditya, CNBC Indonesia
24 July 2018 11:01
Petinggi Chevron hari ini menyambangi kantor Menko Maritim Luhut Panjaitan, demi blok Rokan?
Jakarta, CNBC Indonesia- Managing Director Chevron IndoAsia Business Unit Charles A. 'Chuck' Taylor bertemu Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Selasa (24/7/2018) pagi.

Dalam pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih 30 menit tersebut, Chuck didampingi oleh President Director PT Chevron Pacific Indonesia Albert Simanjuntak dan Senior Vice President, Policy, Government and Public Affairs Chevron Indonesia Yanto Sianipar.

Kuat dugaan kehadiran delegasi Chevron tersebut membahas tentang kelanjutan proses tender untuk Blok Rokan. Chevron merupakan 'petahana' Blok Rokan yang kontraknya akan habis pada 2021 nanti. 




Adapun, PT Pertamina juga turut mengincar pengelolaan operasi 100% dalam perlombaan untuk memenangkan tender tersebut. Kedua perusahaan tersebut diketahui telah mengirimkan proposal pengelolaan kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral pada pekan lalu. 

Sayangnya, usai pertemuan, Yanto enggan memberikan komentar kepada pers. Padahal, Chuck dan Albert telah mendelegasikan kepada Yanto untuk berbicara kepada wartawan yang menunggu sejak pertemuan dimulai. 

"Saya sibuk, ada meeting," kata Yanto sambil berlari menuju mobilnya. 

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar sebelumnya mengatakan pihaknya sudah menerima resmi usulan proposal yang diajukan Chevron. Meski belum mau merincinya, Arcandra mengungkapkan, proposal Chevron sudah memasukkan jumlah bonus tanda tangan dan komitmen kerja pasti Blok Rokan setelah 2021.

"Dibandingkan mana yang berikan keuntungan bagi negara lebih baik. Kami usahakan membandingkan (dengan proposal Pertamina) pekan ini. Mulai Selasa hingga Rabu saya ada pertemuan secara maraton dengan Pertamina dan Chevron," kata Arcandra di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (23/7/2018).


(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading