Kunjungi Indonesia, Menlu Belanda Bahas Terorisme Sampai CPO

News - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
28 June 2018 16:21
Menteri Luar Negeri Belanda Stef Blok akan mengunjungi Indonesia tanggal 2 sampai 4 Juli.
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Luar Negeri Belanda Stef Blok akan mengunjungi Indonesia tanggal 2 sampai 4 Juli untuk melakukan Pertemuan Bilateral dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi.

"Fokus yang akan dilakukan pembicaraan dalam kapasitas menteri luar negeri ada membahas isu-isu politik luar negeri dan juga isu-isu keamanan, bilateral, dan isu-isu regional dan global," kata Dino R. Kusnadi selaku Direktur Eropa I Kementerian Luar Negeri Indonesia dalam acara Press Briefing hari Kamis (28/6/2018).

Dino menambahkan keduanya akan membahas isu-isu terkait deradikalisme, esktremisme, penanggulangan terorisme, penanggulangan narkoba serta cyber space dan cyber security secara mendalam. Selain itu, kesempatan ini juga digunakan untuk sama-sama mengevaluasi Comprehensive Partnership Agreement antara kedua negara yang sudah berjalan selama lima tahun.


Keduanya juga rencananya akan membahas tentang konflik di Rohingya dan Suriah, serta saling berbagi pengalaman sebagai anggota Dewan Keamanan (DK) Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).


Dalam konteks ekonomi, Dino berkata Indonesia akan terus meningkatkan kerja sama ekonomi dengan Belanda agar memperoleh lebih banyak pendapatan dari negara dengan perdagangan terbesar kedua di Eropa itu.

Indonesia juga berharap Belanda bisa memengaruhi negara-negara Eropa lainnya untuk memperkuat mekanisme FLEGT agar kayu Indonesia yang sudah terlisensi bisa lebih mudah masuk ke sana, serta bantu mempromosikan penerbangan dan minyak kelapa sawit berkelanjutan (sustainable crude palm oil/CPO) Indonesia.

Pasalnya, Uni Eropa resmi mencabut pelarangan terhadap seluruh maskapai Indonesia untuk terbang ke Eropa sejak pertengahan bulan ini, juga menunda pembatasan biofuel berbasis CPO sampai tahun 2030.

"Strategically, Belanda merupakan mitra kita yang memiliki hubungan historis yang panjang, dengan demikian Belanda memiliki pengetahuan yang sangat dalam terhadap profil Indonesia, perkembangan dan, tentu saja yang menurut saya penting, Belanda merupakan salah satu corong bagi Indonesia yang bisa memberikan gambaran [tentang] Indonesia yang kontemporer, maju, modern," kata Dino.
Artikel Selanjutnya

Potret Industri Sawit di Saat Tarif Pungutan Ekspor Berubah


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading