Updated

HPP Gula Petani Tetap Rp 9.100/Kg

News - Samuel Pablo, CNBC Indonesia 17 May 2018 18:30
HPP Gula Petani Tetap Rp 9.100/Kg
Jakarta, CNBC Indonesia - Rapat koordinasi di kantor Kemenko Perekonomian memutuskan harga pembelian pemerintah (HPP) gula dari petani lokal tetap sama seperti tahun lalu yakni Rp 9.100/kg.

Keputusan itu sekaligus tidak menyetujui usulan Kementerian Pertanian agar HPP gula naik menjadi Rp 10.500/kg. Tapi, pemerintah meminta Bulog untuk membeli gula petani dengan harga Rp 9.700/kg.

"Jadi kita tidak merubah HPP, namun menugaskan Bulog dengan membeli Rp 9.700/kg, mungkin Bulog, mungkin BUMN. Jadi akan dibahas dengan menteri BUMN," ujar Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Oke Nurwan di kantor Kemenko Perekonomian, Kamis (17/5/2018).


Oke mengatakan keputusan diambil setelah pemerintah mempertimbangkan beberapa hal, di antaranya harga gula internasional yang terus turun.

"Tahun lalu kita putuskan HPP Rp 9.100/kg saat harga gula internasional sekitar US$ 350/ton, sementara harga internasional saat ini sudah turun terus bahkan sempat mencapai US$ 303/ton sehingga menjadi tidak rasional, bertentangan dengan tren kalau kita ada inefisiensi di sisi produksi tapi malah dibebankan ke kenaikan HPP," jelas Oke. (ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading