Kontraktor Belum Beri Jaminan, Pengelolaan Blok Ini Tertunda

News - Rivi Satrianegara, CNBC Indonesia
14 May 2018 19:06
Kontraktor Belum Beri Jaminan, Pengelolaan Blok Ini Tertunda
Jakarta, CNBC Indonesia- Penandatanganan kontrak blok migas Merak-Lampung masih belum dilaksanakan karena kontraktor yang jadi pemenang, PT Tansri Madjid Energi, belum menyerahkan jaminan pelaksanaan atau performance bond ke Kementerian ESDM.

Hal itu disampaikan Dirjen Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto pada Senin (14/5/2018). Menurut dia, keterlambatan itu juga melibatkan pihak bank yang di sini ikut menandatangani performance bond.




Performance bond sendiri merupakan 10% dari nilai total komitmen pasti yang akan dipegang pemerintah dan berfungsi sebagai jaminan. Bila kegiatan yang seharusnya dijalankan kontraktor tidak dilaksanakan, dana tersebut akan bisa dicairkan dan masuk ke dalam kas negara.

"Dia [Tansri Madjid] sudah bayar signature bonus, tapi harus bayar peformance bonds yang ditandatangani orang yang bersangkutan. Soalnya berhubungan sama bank, jadi harus oleh orang bersangkutan," jelas Djoko di kantor Kementerian ESDM.

Sementara itu, Djoko menyebut Tansri Madjid telah membayarkan bonus tanda tangan sebesar US$ 500 ribu. Dia berharap secepatnya proses pengelolaan blok tersebut bisa rampung. Sebab memang, tidak ada aturan yang mengatur tenggat waktu pembayaran tersebut. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading