Mackenzie: Serapan LNG Pasar Domestik 2018 Naik 15%

News - Rivi Satrianegara, CNBC Indonesia
16 March 2018 16:48
Mackenzie: Serapan LNG Pasar Domestik 2018 Naik 15%
Jakarta, CNBC Indonesia- Wood Mackenzie memprediksi ada peningkatan permintaan LNG dari pasar domestik pada tahun ini menjadi 2,8 juta ton.

Jumlah tersebut meningkat sekitar 15% dari realisasi penyerapan tahun lalu sebesar 2,4 juta ton. Gas and Power Lead for Asia Mackenzie Edi Saputra mengatakan hal itu ditunjang beberapa pembangkit listrik yang mulai berjalan, utamanya additional unit di pembangkit PLN.




Meski begitu, pasokan berlebih harus tetap diantisipasi. Edi memprediksi jumlah produksi LNG tahun ini sekitar 18,5 juta ton. Namun, ada sekitar 3-4 juta ton yang belum ada kepastian penyerapan.

"Yang committed itu untuk pasar ekspor 12,5 juta ton ke pembeli Asia Timur seperti Taiwan dan China. Sisa 6 juta ton, untuk kebutuhan pasar domestik kalau bisa serap 2,8 juta ton, maka ada surplus 3-4 juta ton," terang Edi di Hotel Four Seasons, Jumat (16/3/2018).

Jumlah surplus tersebut, kata Edi, terlalu besar untuk diserap pasar spot LNG. Sementara itu untuk produksi LNG, disampaikan dia, masih didominasi dari Blok Bontang sekitar 9 juta ton, lalu Blok Tangguh sebesar 7 juta ton, dan 2,5 juta ton sisanya dari Blok Donggi Senoro.

"Salah satu langkah yang bisa diambil pemerintah misalnya fleksibel untuk membuka keran ekspor gas [LNG] karena surplus tidak hanya diakibatkan kebutuhan domestik menurun, tapi keputusan pemerintah membatasi ekspor," jelas Edi.

Tahun lalu, lanjut Edi, ada beberapa kontrak eskpor yang berhenti dan pemerintah menolak memperpanjang. Oleh sebab itu, ada kelebihan pasokan LNG.

(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading