ESDM Pastikan Proyek Strategis Migas Berjalan Tepat Waktu

News - Rivi Satrianegara, CNBC Indonesia
15 February 2018 13:35
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yakin lima Proyek Strategis Nasional (PSN) dari sub sektor minyak dan gas bumi (migas) berjalan sesuai rencana
Jakarta, CNBC Indonesia— Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yakin lima Proyek Strategis Nasional (PSN) dari sub sektor minyak dan gas bumi (migas) berjalan sesuai rencana dan tidak akan dikeluarkan dari daftar PSN.

“Kami sebagai regulator akan memfasilitasi agar semua on time,” kata Plt. Dirjen Migas Kementerian ESDM Ego Syahrial, di Kantor Kementerian ESDM, Kamis (15/2/2018).

Ego memastikan, saat ini proyek-proyek tersebut tetap berjalan. Selain itu, dia yakin pemangkasan regulasi yang dilakukan Kementerian ESDM beberapa pekan terakhir dapat mendorong berjalannya pembangunan.


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap semua PSN. Dia ingin pelaksanaan proyek-proyek yang tidak tergarap atau belum selesai pada 2017 harus segera diselesaikan. 

"Saya minta Menko Perekonomian mengevaluasi lagi program proyek yang bisa betul-betul dieksekusi, mana yang tidak mungkin untuk dilaksanakan. Ini harus diputuskan cepat," ungkapnya di Istana Negara, Senin (12/2/2018).

Kemarin (14/2/2018), Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar sempat mengatakan PSN dalam sektor energi sedang berjalan dengan baik. Dia mengaku belum tahu detil proyek mana di antara PSN yang akan dievaluasi oleh Menteri Darmin.

“(Hasil evaluasi) secepatnya, sedang dibahas,” kata Arcandra.

Sektor migas diketahui memiliki lima PSN, yaitu pengembangan lapangan Jangkrik di Blok Muara Bakau, fasilitas gas lapangan Jambaran-Tiung Biru di Blok Cepu, Proyek Tangguh Train 3, Indonesian Deepwater Development/IDD Chevron, dan pembangunan kilang LNG Blok Masela.

Proyek Lapangan Jangkrik menjadi satu-satunya proyek yang telah mulai beroperasi. Empat lainnya masih dalam proses, antra lain Blok Masela yang masih dalam tahap pre-FEED dengan operator Inpex. (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading