Luhut: Dana Pertemuan IMF - World Bank Akan Kembali ke Rakyat

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia 13 March 2018 20:28
Luhut: Dana Pertemuan IMF - World Bank Akan Kembali ke Rakyat
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah menjamin, alokasi anggaran sebesar Rp 810 miliar yang disediakan untuk penyelenggaraaan Pertemuan Tahunan IMF - World Bank Bali akan kembali ke negara.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, keuntungan yang diperoleh Indonesia dari pertemuan para pemimpin dunia itu jauh lebih besar dari alokasi anggaran yang sudah diberikan.

"Kami sudah buat studi dampak pengeluaran kepada keuntungan negara. Tapi untuk Rp 800 miliar itu secara kasar, lebih dari setengahnya akan kembali," kata Luhut dalam konferensi pers di Kementerian Keuangan, Selasa (13/3/2018).


Luhut mengatakan, pemerintah sama sekali tidak menanggung biaya penginapan para peserta yang diperkirakan mencapai 21.000 orang. Hal ini, kata dia, akan menguntungkan bagi para pemilik hotel di wilayah Bali.

Selain itu, peralatan yang dibeli pemerintah untuk menyambut pertemuan tersebut akan dihibahkan kepada masyarakat. Setidaknya, ada tiga daerah yang mendapatkan hibah peralatan-peralatan tersebut.

"Jadi dibagikan ke Banyuwangi, Bali, dan Lombok. Basicly, barang kembali ke rakyat," tegasnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memperkirakan, perputaran uang yang masuk dari pembayaran hotel para peserta bisa mencapai US$ 30 juta. Belum lagi, jika para peserta mencicipi kuliner khas di pulau Dewata.

"Jadi semua manfaatnya kembali ke kita. Belum lagi ada pariwisata," katanya. (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading