Mengintip Lebih Dekat Persiapan IMF - World Bank Bali

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia 13 March 2018 20:37
Mengintip Lebih Dekat Persiapan IMF - World Bank Bali
Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam beberapa bulan ke depan, Pertemuan Tahunan IMF - World Bank 2018 akan digelar di Bali pada 12 - 14 Oktober mendatang. Berbagai persiapan pun telah dilakukan, untuk menyambut pagelaran akbar tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengemukakan, ada lima agenda utama yang dibahas dalam rapat koordinasi Panitia Pelaksana itu. Sejauh ini, Luhut mengatakan, situasi masih aman terkendali.

"Tidak ada pending issue mengenai hotel, evakuasi, keamanan, alternatif pendanaan kalau ada Gunung Agung atau Tsunami. Semua persiapan sudah bagus," kata Luhut dalam konferensi pers di Kementertian Keuangan, Selasa (13/3/2018).


Adapun lima agenda yang menjadi pembahasan, adalah aspek tempat penyelenggaraan terutama mengenai persiapan lokasi acara dan hotel, transportasi untuk delegasi, sampai dengan keamanan lokasi.

Selain itu, panitia juga membahas mengenai dukungan fasilitas berupa kemudahan layanan visa dan imigrasi, serta komunikasi-komunikasi selama penyelenggaraan pagelaran yang akan dihadiri sejumlah pemimpin dunia itu.

"Underpass di Bali sekarang sudah lebih cepat progresnnya. Jalan yang kurang baik, kami tinjau dan kami sudah perbaiki," katanya.

Secara garis besar, Luhut yang merupakan Ketua Panitia Pelaksana Pertemuan Tahunan IMF - World Bank berpendapat, bahwa persiapan yang saat ini dilakukan pemerintah sudah jauh lebih matang.

"Bulan depan di Washington DC tanggal 18 kami akan sampaikan ini dalam Spring Meeting IMF. Tim sudah bekerja sangat baik," katanya.

Demi menjaga keamanan selama berlangsungnya acara, Panitia Pelaksana mengerahkan setidaknya 12.000 personil keamanan. Seluruh aparat keamanan, akan bertugas penuh di Bali mengawal pertemuan tersebut. (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading