Internasional

Jaringan 4G Akan Tersedia di Bulan Tahun Depan

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
28 February 2018 16:38
Jaringan 4G Akan Tersedia di Bulan Tahun Depan
Barcelona, CNBC Indonesia - Tahun depan jaringan telepon seluler akan tersedia di Bulan untuk pertama kalinya. Hal ini memungkinkan streaming berkualitas tinggi (high-definition) dari permukaan Bulan sampai ke Bumi, yang merupakan bagian dari proyek misi ke Bulan yang didanai oleh swasta untuk pertama kalinya.

Dilansir dari Reuters, Vodafone Germany, perusahaan pembuat peralatan jaringan Nokia dan mobil Audi, pada hari Selasa (27/2/2018) mengatakan telah bekerja sama untuk mengembangkan misi ini, 50 tahun setelah astronot pertama NASA menginjakkan kaki di Bulan.

Vodafone telah menunjuk Nokia sebagai partner teknologinya untuk mengembangkan jaringan luar angkasa (space-grade) yang berukuran kecil dengan berat lebih ringan dari sekantong gula.


Dalam proyek ini kedua perusahaan bekerja sama dengan perusahaan asal Berlin, PTScientists, untuk meluncurkan proyek itu pada 2019 mendatang dari Cape Canaveral menggunakan roket Falcon 9 milik perusahaan antariksa SpaceX.


"Proyek ini melibatkan pendekatan yang inovatif dan radikal untuk mengembangkan infrastruktur jaringan telepon," ujar chief executive Vodafone Germany, Hannes Ametsreiter.

Salah seorang eksekutif yang terlibat dalam proyek tersebut mengatakan keputusan untuk membangun jaringan 4G dan bukannya 5G di bulan adalah karena saat ini 5G masih dalam tahap uji coba dan pengembangan. Selain itu, jaringan 5G belum cukup stabil sehingga sulit dipastikan apakah bisa berfungsi di permukaan bulan. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading