Apa Itu ATM: Fungsi, Jenis Hingga Cara Aman Menggunakannya

My Money - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
29 June 2022 10:15
Ilustrasi ATM Link Aja. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Foto: Ilustrasi ATM Link Aja. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - ATM adalah singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri atau Automatic Teller Machine. Mesin ini sering Anda kunjungi untuk melakukan transaksi perbankan secara mandiri, mulai dari transfer hingga tarik tunai.

ATM hadir sebagai fasilitas yang disediakan bank untuk memudahkan transaksi setiap nasabah. Anda pasti sudah sering menggunakan ATM untuk melakukan berbagai macam transaksi perbankan, tapi mungkin belum tahu tentang fungsi, jenis, hingga cara aman menggunakan ATM.


Sebelum memahami fungsi, jenis, dan cara aman menggunakan ATM, Anda sebaiknya mengetahui apa itu ATM serta sejarah singkat kehadiran ATM yang dapat memudahkan transaksi perbankan saat ini serta memegang peran penting dalam aktivitas perekonomian.

Apa Itu ATM?

Seperti sudah disebutkan di awal, ATM adalah singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri atau Automatic Teller Machine. ATM hadir untuk memudahkan nasabah karena tidak perlu selalu datang ke bank untuk melakukan transaksi tertentu.

ATM juga solusi untuk memberikan pelayanan optimal kepada nasabah tanpa terbatas waktu operasional bank. Penggunaan ATM membutuhkan kartu ATM yang akan Anda dapat saat membuka rekening. Nantinya, Anda hanya perlu memasukkan PIN untuk mengakses mesin ATM.

Sejarah ATM

Memang tak ada catatan pasti siapa dan kapan tepatnya ATM ditemukan. Namun, ATM muncul pertama kali pada era 1950-1960 di Amerika, Eropa, dan Jepang. Awalnya, ATM hanya bisa dinikmati oleh nasabah tertentu yang telah melalui proses seleksi.

Tokoh-tokoh, seperti John Shepherd-Barron dan James Godfellow (Inggris), Donald C Wetzel dan Luther Simjian (Amerika) serta berbagai perusahaan seperti De La Rue, Speytec-Burroughs, Asea-Metior, dan Omron Tateisi lantas diklaim sebagai penemu ATM.

Kemunculan awal ATM berjalan beriringan dengan perkembangan supermarket, penjualan tiket transportasi publik, dan pom bensin dengan sistem self service di Amerika dan Eropa. Munculnya ATM juga sebagai respons atas peningkatan upah pekerja serta tingginya frekuensi transaksi di teller bank yang mengakibatkan penumpukan antrian.

ATM Pertama di Indonesia

ATM pertama kali digunakan di Indonesia pada 1986 oleh Hong Kong Bank dan Bank Niaga. Saat itu, ATM hanya bisa melayani transaksi di satu bank dan menggunakan giro dengan jumlah transaksi yang terbatas. Nasabah dibantu oleh petugas yang menerangkan tentang penggunaan kartu ATM selama masa pengenalan dilakukan.

Fungsi ATM

Setelah mengetahui sejarah ATM dan ATM pertama di Indonesia, kini Anda harus memahami fungsi mesin satu ini. Berikut penjelasan fungsi ATM yang mungkin belum Anda tahu sebelumnya:

1. Menarik Uang Tunai 24 Jam

ATM kini sudah bisa beroperasi selama 24 jam. Ini jelas memudahkan Anda untuk mengambil uang tunai kapanpun selama mesin ATM tidak gangguan atau mengalami kerusakan.

Namun, ada juga beberapa ATM yang ditempatkan di minimarket, seperti Indomaret, Alfamart, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, ATM tersebut hanya dapat digunakan sesuai dengan jam operasional toko.

2. Menyetor Uang ke Rekening Tabungan

Saat ini, mesin ATM sudah bisa digunakan untuk melakukan setor uang tunai ke dalam rekening tabungan. Namun, tidak semua mesin ATM memiliki fasilitas untuk melakukan setoran tunai.

Layanan setor tunai di ATM jelas memudahkan Anda yang ingin menabung dan menghemat waktu dibandingkan harus menyetorkan uang melalui teller bank. Jangan lupa pastikan ATM yang Anda kunjungi sudah memiliki fasilitas setor tunai.

3. Transfer

Transfer mungkin salah satu layanan yang paling sering Anda gunakan saat ke ATM. Sebelum muncul layanan setor tunai, ATM sudah biasa digunakan untuk melakukan transfer ke sesama maupun antar bank.

Bagi Anda yang kerja di perantauan, transfer di ATM menjadi hal yang biasa dilakukan setidaknya sebulan sekali untuk mengirim sejumlah uang kepada keluarga di kampung halaman. Selain itu, kehadiran marketplace juga turut meningkatkan jumlah transfer di ATM.

4. Bayar Tagihan

Selain untuk menarik uang, setor tunai, dan transfer, ATM juga sudah bisa digunakan untuk melakukan pembayaran terhadap berbagai jenis tagihan. Beberapa tagihan yang bisa dibayar melalui ATM, seperti air, listrik, internet, dan sebagainya.

Cara membayar tagihan rutin tersebut juga cukup sederhana. Anda tinggal datang ke ATM terdekat dan pilih menu pembayaran. Akan muncul opsi, seperti PAM untuk air, PLN untuk listrik, Internet ataupun tagihan lainnya yang disediakan.

5. Beli Produk Perbankan

Selain tarik tunai, setor tunai, transfer, dan bayar tagihan, ada fungsi lain ATM yang bisa Anda coba. Melalui mesin ATM, Anda juga bisa membeli produk perbankan lainnya. Namun, ini disesuaikan dengan bank apa yang Anda gunakan dan produk mana saja yang bisa dibeli lewat ATM.

Jenis ATM

Jika selama ini Anda mengira semua ATM sama, ternyata tidak seperti itu. Ada beberapa jenis ATM yang beredar di Indonesia. Apa saja perbedaannya? Simak penjelasan berikut ini:

1. ATM Tarik Tunai

Jenis ATM ini sering Anda temui dan dengan jumlah yang paling banyak disediakan oleh bank di beberapa lokasi tertentu. Sesuai namanya, ATM tarik tunai disediakan khusus untuk melayani transaksi tunai, seperti penarikan uang tunai.

2. ATM Non-Tunai

Selanjutnya ada ATM non-tunai. ATM non-tunai diartikan sebagai ATM yang tidak bisa digunakan untuk melakukan transaksi tunai, seperti penarikan uang secara tunai. ATM jenis ini disediakan untuk melakukan transaksi perbankan non-tunai, seperti transfer, bayar tagihan, dan sebagainya.

3. ATM Setor Tunai

Jenis ATM yang ketiga adalah ATM setor tunai. Jenis ini disebut juga sebagai Cash Deposit Machine (CDM). Artinya, nasabah suatu bank tidak perlu repot lagi ke teller bank saat hendak setor uang ke bank. ATM setor tunai biasanya dapat menerima setoran uang dengan minimal lembaran nominal Rp50.000 dan Rp100.000.

4. ATM Serba Bisa

Terakhir adalah ATM serba bisa. Sesuai namanya, ATM ini bisa digunakan untuk berbagai macam transaksi perbankan, seperti tarik tunai, transaksi non-tunai, hingga setor tunai. Jadi, Anda perlu tahu jenis-jenis ATM sebelum bertransaksi dan jangan sampai keliru ya.

Cara Aman Menggunakan ATM

ATM memang mempermudah urusan nasabah melakukan transaksi perbankan. Namun, kecanggihan mesin ATM ternyata masih bisa diakali oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Anda mungkin sudah sering mendengar tindak kriminal yang dilakukan di mesin ATM. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara aman menggunakan ATM agar Anda tak menjadi korban kejahatan. Berikut langkah-langkahnya:

1. Gunakan Mesin ATM yang Ada Petugas Keamanan

Cara aman menggunakan ATM yang pertama adalah kunjungi ATM yang dijaga oleh petugas keamanan. Biasanya, ATM ini ada di area bank karena setiap bank memiliki petugas keamanan yang akan berjaga selama 24 jam. Adanya petugas keamanan yang berjaga bisa mengurangi potensi kejahatan.

2. Ajak Teman

Cara aman selanjutnya adalah mengajak teman saat hendak bertransaksi di ATM. Adanya teman bisa menjaga Anda dari orang tak dikenal dengan gerak-gerik mencurigakan yang berniat jahat.

3. Lakukan Transaksi di Tempat Ramai

Selanjutnya Anda bisa mencoba melakukan transaksi di tempat ramai. Banyak ATM yang terdapat di dalam supermarket, minimarket, atau pusat perbelanjaan lainnya. Dengan bertransaksi di tempat ramai, Anda bisa mengurangi potensi kejahatan yang mungkin saja terjadi di tempat sepi.

4. Hindari Skimmer Card

Skimmer card dapat diartikan sebagai sebuah perangkat yang ditambahkan pada mesin ATM untuk menangkap informasi pribadi, mulai dari nomor PIN hingga saldo. Modus ini kerap dilakukan oleh pelaku kejahatan untuk menguras saldo Anda.

Skimmer card umumnya terpasang pada bagian sisi mesin atau tepatnya terletak di atas slot kartu yang resmi. Jadi, Anda perlu waspada dan mengecek mesin ATM sebelum melakukan transaksi agar terhindar dari Skimmer Card.

5. Segera Simpan Uang dan Kartu

Setelah selesai melakukan transaksi, segera masukkan kartu ATM dan uang ke dalam dompet atau tempat aman lainnya. Pastikan uang dan kartu ATM Anda sudah tidak terlihat saat keluar dari bilik ATM.

6. Ketahui Nomor Call Center Bank

Ketika terjadi masalah dengan mesin ATM yang Anda gunakan, jangan panik. Tetap tenang dan berpikir logis dengan melakukan panggilan ke call center bank.

Namun, Anda perlu waspada terhadap modus yang biasa dilakukan pelaku kejahatan dengan menempelkan stiker palsu nomor call center bank. Oleh karena itu, ketahui dan catat nomor call center bank agar Anda tidak terkecoh.

Jenis Kartu ATM

Sejauh ini ada dua jenis kartu ATM yang digunakan di Indonesia, yakni kartu magnetic stripe dan chip. Berikut penjelasan lengkap mengenai kedua jenis kartu ATM tersebut:

1. Kartu ATM Magnetic Stripe

Secara fisik, kartu ATM magnetic stripe memiliki pola garis berwarna hitam yang memanjang di bagian belakang kartu. Magnetic stripe berisikan data yang akan terbaca oleh mesin ketika Anda sedang melakukan transaksi. Jika magnetic stripe yang berwarna hitam ini rusak, kemungkinan besar mesin akan kesulitan membaca kartu ATM Anda.

Kelemahan kartu ATM magnetic stripe adalah mudahnya proses penggandaan data nomor kartu, nama nasabah, tanggal expired, dan data lain yang tersimpan di dalamnya. Saat ini bank sedang melakukan pemindahan dari kartu magnetic stripe menjadi chip dan kartu ATM yang lama secara berkala akan diblokir.

2. Kartu ATM Chip

Ciri fisik yang paling menonjol dari kartu ATM chip adalah adanya chip pada bagian sisi depan kartu yang terdapat di sisi kiri. Chip pada kartu ATM serupa dengan SIM card ponsel. Berwarna emas dan memiliki beberapa garis pada bagian tengahnya.

Dibandingkan dengan magnetic stripe, kartu ATM chip dinilai lebih unggul karena aman dari penggandaan data. Ini karena data disimpan di dalam chip yang memiliki sistem operasi, aplikasi, CPU, memori, dan kriptografi.

Mayoritas nasabah baru akan mendapatkan kartu ATM chip sehingga lebih terjamin keamanannya. Anda juga bisa mengganti kartu ATM magnetic stripe menjadi chip dengan cara mengunjungi kantor cabang bank terdekat.

Itulah penjelasan lengkap apa itu ATM, fungsi, hingga cara aman menggunakan ATM. Semoga bermanfaat!


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading