Tarik Uang di ATM Gagal Tapi Saldo Berkurang, Ini Solusinya

My Money - Dwitya Putra, CNBC Indonesia
18 April 2022 16:30
Nasabah tengah memanfaatkan jaringan ATM BNI.

Jakarta, CNBC Indonesia - Aktivitas tarik dana pada mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) menjadi rutinitas yang sering kita lakukan dalam keseharian. Terutama terkait peningkatan kebutuhan uang fisik menjelang hari raya Idul Fitri. 

Namun, pernahkah Anda mengalami gagal transaksi saat melakukan tarik tunai di mesin ATM, tetapi saldo di rekening tetap terpotong atau berkurang? Hal ini tentunya membingungkan, khususnya saat nominal uang yang ditarik tidak sedikit. 

Jika hal tersebut terjadi kepada Anda, maka jangan panik. Karena uang Anda bisa kembali, jika benar-benar ada kendala teknis pada mesin, meskipun butuh waktu pemrosesan. 


Berikut beberapa langkah penting yang harus dilakukan, agar uang bisa kembali seperti semula. 

1. Foto Nomor Mesin ATM yang Digunakan 

2. Catat Waktu, Tanggal dan Lokasi Transaksi 

3. Lapor ke Cabang Bank atau Hubungi Call Center 

Setelah Anda melakukan ketiga hal tersebut, pihak bank akan melakukan investigasi untuk secepatnya diproses pengembalian dana.

Perlu diingat, dalam proses pelaporan ke cabang terdekat atau lewat call center, Anda akan diminta data lengkap pribadi untuk memastikan Anda benar-benar pemilik rekening.

Adapun waktu proses pengembalian dana nasabah, tergantung kepada kebijakan dari masing-masing bank. Anda bisa mengkonfirmasi kepada pihak bank untuk kejelasan dan kelanjutan dari proses permasalahan yang dialami. Setelah itu, Anda tinggal menunggu saldo rekening dikembalikan seperti semula sebelum terpotong. 

Masalah uang tidak keluar tapi saldo berkurang, penyebabnya bervariasi tetapi kebanyakan dikarenakan sistem bank yang sedang down ataupun ATM rusak. Jika mengalami hal ini saat menggunakan bank tertentu, prosedur laporan yang digunakan adalah sama. 

Jadi jangan takut dan sungkan menyampaikan kendala kepada pihak.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ingat! Ini Perbedaan ATM Link, ATM Prima dan ATM Bersama


(bul/bul)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading