Intip Perbedaan 2 Logo yang Kerap Mejeng di Kartu Kredit

My Money - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
03 March 2022 19:05
FILE - In this Feb. 20, 2019, file logos for credit cards are visible on the cards in Zelienople, Pa. On Friday, June 7, the Federal Reserve releases its April report on consumer borrowing. (AP Photo/Keith Srakocic, File)

Jakarta, CNBC Indonesia- Logo VISA dan Mastercard yang terletak di bagian kanan bawah sudah sangat dikenal bagi pengguna kartu kredit. Bagi kamu pengguna kartu kredit baru, pasti pernah terlintas di pikiran apa kegunaan adanya kedua logo tersebut yang terpampang di kartu kredit milikmu. 

VISA dan MasterCard sendiri merupakan provider yang memungkinkan Bank penerbit kartu kredit sehingga dapat bertransaksi di merchant-merchant yang berlogo VISA atau MasterCard secara internasional.

Dalam praktiknya, VISA dan MasterCard sama-sama menawarkan sejumlah fasilitas di dalam layanan mereka. Meski begitu, saat ditanya 'ingin kartu kredit VISA atau MasterCard?' ketika membuat kartu kredit, maka tentu kamu perlu mengetahui lebih dulu nih perbedaannya. 


1. Perusahaan Penerbit 

Visa card adalah produk dari perusahaan Visa International Service Association yang berasal dari California, Amerika Serikat dan sudah berkecimpung di dunia finansial sejak tahun 1955. Sedangkan MasterCard adalah produk dari MasterCard Worldwide. Korporasi ini sudah berdiri sejak tahun 1966 dan berlokasi di Purchase, New York. 

2. Logo 

Logo Mastercard ditandai dengan simbol dua lingkaran berwarna merah dan kuning yang saling bertaut satu sama lain dengan tulisan Mastercard berwarna putih di tengahnya. Sedangkan VISA hanya berupa tulisan VISA berwarna biru di atas kotak berwarna putih. Kedua logo ini terdapat baik di depan maupun belakang kartu sebagai identifikasi. 

3. Jangkauan 

VISA memiliki layanan yang sudah diterima di lebih dari 53 juta merchant di 200 negara. Sedangkan MasterCard memiliki layanan yang lebih luas karena sudah digunakan di hampir seluruh dunia, termasuk Amerika dan juga Eropa. Namun secara umum, kartu kredit VISA lebih populer di negara-negara Asia. MasterCard lebih banyak digunakan di negara-negara Amerika dan Eropa. 

4. Sistem Keamanan 

VISA menawarkan fitur keamanan dengan memasukkan nomor PIN sekali pakai atau One-time Password (OTP) ke dalam jendela Verified by VISA. Selain itu, VISA juga menggunakan Kartu Chip EMV dan Tokenisasi, menerapkan Payment Card Industry Data Security Standards (PCI DSS), serta menghentikan penipuan sebelum terjadi dengan menggunakan Dynamic Risk-Based Authentication.

Sementara Mastercard memberikan proteksi kepada nasabahnya berupa Secure Code yang harus dimasukkan oleh nasabah ketika bertransaksi secara online. Kode yang berbentuk PIN tersebut dapat dibuat sendiri oleh pengguna Mastercard tanpa perlu mendatangi bank penerbit kartu kreditnya. 

5. Biaya Transaksi 

Saat digunakan untuk transaksi di luar negeri, ada biaya transaksi kartu kredit Visa dan MasterCard. Biaya VISA sebesar 1 persen, sedangkan MasterCard 0,2 hingga 1 persen. Kamu bisa melihat penjelasan tentang biaya transaksi ini dari informasi kartu kredit yang kamu pakai. 

6. Jenis 

Visa tersedia dalam 5 jenis pilihan kartu, yakni Signature, Infinite, Classic, Gold, dan Platinum. Sedangkan Mastercard juga memiliki 5 jenis kartu yaitu World, World Elite, Classic, Gold, dan Platinum.

Perlu diingat, sebagian besar manfaat dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan berasal dari perusahaan penerbit kartu, sehingga bisa jadi tidak semua kartu VISA maupun Mastercard punya jenis manfaat yang sama dengan kartu VISA dan Mastercard lainnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bayar Tagihan Kartu Kredit Tepat Waktu, Wajib Hukumnya!


(bul/bul)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading