Jangan Sampai Bengkak! Gini Pakai Kartu Kredit dengan Bijak

My Money - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
02 March 2022 12:30
Moncer di Tengah Pandemi, Bisnis Kartu Kredit BRI Tumbuh 41 Persen

Jakarta, CNBC Indonesia - Kartu kredit menjadi salah satu alternatif pembayaran yang masih digemari hingga saat ini. Penggunaan kartu yang praktis dan mudah, serta biaya pembelian yang dapat dicicil dan dibayar di lain waktu menjadi alasan beberapa orang masih setia dengan kartu kredit. 

Seperti yang diketahui, kartu kredit adalah kartu yang dikeluarkan oleh pihak bank atau lembaga keuangan sejenis yang memberikan fasilitas kepada pemegang kartu untuk melakukan transaksi pembayaran tanpa uang tunai. Adapun biaya yang dikeluarkan di setiap transaksi akan dicatat oleh bank sebagai utang (kredit) yang harus dilunasi pada bulan berikutnya.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa di balik berbagai kemudahannya, kartu kredit tetaplah kartu utang. Sehingga, pemilik kartu harus bijak menggunakannya agar tidak terjadi penumpukan utang. Berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan agar tetap bijak dalam menggunakan kartu kredit.


1. Pilih Kartu Kredit Sesuai Kebutuhan 

Sebelum memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, cari tahu terlebih dulu kartu kredit apa yang paling sesuai dengan kebutuhan seperti belanja hingga travelling, karena saat ini banyak lembaga keuangan yang menawarkan berbagai jenis kartu kredit. Selain sesuaikan dengan kebutuhan, sesuaikan juga kartu kredit yang memiliki biaya dan bunga yang sesuai dengan kemampuan membayar kamu.

2. Bayar Tagihan Tepat Waktu 

Kartu kredit sejatinya adalah kartu utang. Sehingga, ada dana pinjaman, bunga, dan biaya lainnya yang harus kamu bayarkan setelah menggunakannya. Tidak memiliki financial planning yang baik dengan kartu kredit dapat menyebabkan utang kamu membengkak. Selain itu, jika melewatkan pembayaran tagihan, maka jelas akan ada biaya keterlambatan yang akhirnya membuat kamu harus mengeluarkan lebih banyak uang.

3. Beli Barang Seperlunya 

Kartu kredit hanyalah alat alternatif untuk memudahkan transaksi, bukan memunculkan dana lebih banyak. Sehingga, belilah barang yang penting dan sangat dibutuhkan. Tunggu cicilan barang yang satu lunas terlebih dahulu sebelum membeli barang lainnya. 

4. Jangan Tarik Tunai dengan Kartu Kredit 

Kartu kredit memiliki fasilitas tarik tunai, namun kamu akan dikenakan biaya penarikan yang cukup mahal. Tarik tunai dengan kartu kredit memiliki bunga besar sekitar 2,5% tiap bulannya. Jika tagihan tidak dibayar tepat waktu, maka bunga akan terus berkembang. Selain biaya penarikan, biasanya bank juga akan memberikan bunga harian pada sejumlah dana yang telah ditarik tersebut. 

5. Jangan Pinjamkan dan Selalu Jaga Data Kartu Kredit 

Kartu kredit adalah salah satu benda yang erat dengan kejahatan pembobolan, sehingga sangat penting menjaga data kartu kredit kamu seperti pin, nomor kartu kredit dan data pribadi. Kendali kartu kredit kamu juga tidak boleh diberikan kepada orang lain, termasuk orang terdekat yang kamu kenal. Hal ini akan berakibat fatal jika kartu kredit digunakan seperti tagihan yang diam-diam digunakan kerabatmu tanpa kamu ketahui.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bayar Tagihan Kartu Kredit Tepat Waktu, Wajib Hukumnya!


(bul/bul)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading